KKP Kantongi 5 Dalang di Balik Penyelundupan Benur di Cilacap

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta -Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pung Nugroho Saksono, mengatakan telah mengantongi nama-nama dalang di kembali penyelundupan bibit cerah lobster alias BBL. Para tokoh itu diketahui setelah penangkapan kasus penyelundupan BBL di Cilacap, Jawa Tengah.

"Tadi saya dapat contekan sudah ada fotonya," kata Pung, di Kantor KKP, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Agustus 2024. Dia mengatakan, para tokoh ini adalah pemain lama dalam tindakan penyelundupan BBL. Dia enggan menyebut nama para auktor intelektualis tersebut.

Dia berdasar tidak menyebut nama alias inisial para pelaku nan berada di belakang kasus penyelundupan ini lantaran tetap dalam penyidikan. Pung menyebut otak di kembali penyelundupan itu lebih dari lima orang. "Tinggal di Indonesia," kata dia, menjawab asal negara para tokoh tersebut.

Kasus ini bermulai saat TNI Angkatan Laut menangkap laki-laki berinisial FAS. Dia ditangkap lantaran melakukan penyelundupan BBL sebanyak 16 ribu ekor di Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah, 12 Juni lalu. Sebelumnya petugas dari PSDKP juga menangkap HS, penyelundup 9.244 ekor BBL di Banyuwangi, Jawa Timur.

Iklan

Menurut Pung, dalam kasus tersebut kerugian negara tak terlalu banyak. Tapi jika perihal itu dibiarkan kasus penyelundupan bakal terus terjadi. "Bila itu dibiarkan bakal berkembang dan ditiru sama nan lain, seolah-olah negara membiarkan," ucap dia.

Pung menjelaskan, jika pembongkaran kasus penyelundupan BBL terus dilakukan, itu bakal membikin orang berpikir bahwa penegakan norma dalam kasus penjualan BBL secara terlarangan tak hanya menyentuh kurir. "Polanya sekarang sampai ke akar-akarnya, sampai ke orang berduitnya. Kami pastikan bakal sampai ke pemodalnya," ujarnya.

Pilihan editor: Roti Okko Tak Hanya Ditarik dari Peredaran, Sertifikat Halal Juga Dicabut

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis