Klaim Jokowi: IKN Bakal Jadi Ibu Kota Terhijau di Dunia

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 04 Jun 2024 12:55 WIB

Presiden Joko Widodo menyebut IKN bakal menjadi ibu kota terhijau di bumi lantaran mengusung konsep kota nusa rimba. Presiden Joko Widodo mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal menjadi kota terhijau di bumi (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal menjadi kota terhijau di bumi jika tetap berpegang pada konsep awal pembangunan.

Jokowi mengatakan saat ini banyak nan salah kaprah memandang kota masa depan sebagai kota nan banyak gedung pencakar langit. Padahal, kota masa depan adalah kota nan ramah lingkungan.

"Termasuk nantinya IKN itu bakal menjadi ibu kota konsepnya ibu kota terhijau di bumi lantaran konsepnya kota nusa rimba, betul-betul hijau betul," kata Jokowi dalam aktivitas peresmian Rakernas Apeksi ke-XVII sebagaimana disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (4/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi mengapresiasi kota-kota nan sudah mulai mengusung konsep hijau, seperti Balikpapan dan Surabaya. Dia meminta kota-kota lainnya di Indonesia mengikuti jejak dua kota itu.

Dia meminta agar pembangunan kota di Indonesia tak sekadar membangun beton. Kota, kata Jokowi, kudu dibangun dengan mengutamakan pejalan kaki dan kelestarian lingkungan.

"Jangan sampai membangun kota semakin banyak beton nan didirikan. Ada trotoar semua paving blok semua. Ada mestinya penggunaan paving grass bakal lebih hijau," ucapnya.

Jokowi menyarankan pemda merancang ulang kotanya jika terlalu banyak gedung. Salah satu langkah nan kudu ditempuh adalah mengambil alih dan merobohkan gedung-gedung.

Kemudian, lahan jejak gedung-gedung itu dimanfaatkan untuk sarana publik. Dia menyebut letak itu bisa dijadikan alun-alun alias taman rimba kota.

"Mungkin memangkas beberapa gedung, dibeli, dipangkas, dijadikan taman kota. Tidak ada jalan lain jika sudah terlanjur," ucapnya.

(dhf/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional