KM Soneta Tenggelam di Karimunjawa, 6 ABK Masih Belum Ditemukan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Tim SAR campuran belum sukses menemukan enam orang anak buah kapal (ABK) KM Soneta nan dilaporkan tenggelam di perairan Pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Budiono, mengatakan pencarian nan dilakukan tim sampai saat ini belum membuahkan hasil. Enam ABK nan tetap dicari yakni, Muntari, Tamuri, Salam, Jaidi, Samani, dan Damuri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budiono, mengutip laporan Antara, mengatakan bahwa "pencarian dilakukan pada radius 6 mil dari letak awal kapal dilaporkan tenggelam."

Menurut dia dari 16 ABK KM Soneta nan berlayar, 10 di antaranya selamat setelah dievakuasi oleh kapal lain nan kebetulan melintas. Sementara, enam orang lainnya tetap lenyap dan dalam pencarian.

KM Soneta berangkat melaut pada 6 Juli 2024 untuk mencari ikan di perairan utara Pulau Jawa. Namun, pada Selasa (9/7), kapal tersebut dilaporkan tenggelam lantaran diduga mengalami kebocoran.

"Ketinggian ombak saat kejadian sekitar 2,5 meter dengan angin kencang dan arus deras," kata dia.

Menurut Budiono 10 orang ABK nan selamat memperkuat tiga hari di lautan dengan memanfaatkan barang-barang nan bisa mengapung, termasuk jeriken. Mereka mulai mengambil barang-barang tersebut setelah mengetahui kebocoran

"Mengetahui perihal tersebut membikin seluruh ABK panik dan berusahan menyelamatkan diri dengan mengambil peralatan mudah mengapung seperti jeriken dan lainnya dan terjun ke laut," kata Budiono, mengutip Detik.

"Tak lama sekira 30 menit akhirnya KM Soneta betul-betul telah tenggelam. Para ABK tersebut sempat berusahan tetap berbareng selama mengapung, namun akhirnya di hari ketiga beberapa dari mereka terpisah akibat gelombang nan cukup besar," lanjutnya.

Setelah terombang-ambing selama tiga hari, tiga malam, akhirnya pada Kamis pagi enam ABK sukses ditemukan dan diselamatkan kapal nelayan KM Bintang Barokah nan kebetulan melintas dan hendak pulang ke Tegal.

Saat KM Bintang Barokah melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Tegal, mereka mendapat info bahwa Kapal Jaring asal Indramayu menemukan tiga ABK terapung di laut. Melalui radio juga KM Bintang Barokah mendapat info jik ada salah satu ABK KM Soneta nan diselamatkan kapal penangkap cumi asal Jakarta.

"Sehingga diketahui ABK nan selamat berjumlah 10 orang," jelas dia.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional