KPK Amankan Dokumen Saat Geledah Kantor Sekuritas di Kasus Taspen

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 02 Agu 2024 19:45 WIB

Tim interogator KPK sukses mengamankan sejumlah arsip saat menggeledah instansi sekuritas mengenai korupsi aktivitas investasi fiktif di PT Taspen (Persero). Tim interogator KPK sukses mengamankan sejumlah arsip saat menggeledah instansi sekuritas mengenai korupsi aktivitas investasi fiktif di PT Taspen (Persero). (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Tim interogator Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sukses mengamankan sejumlah arsip saat menggeledah instansi sekuritas di wilayah Jakarta Pusat, Rabu (31/7) lalu.

Penggeledahan tersebut berangkaian dengan investigasi dugaan korupsi aktivitas investasi fiktif di PT Taspen (Persero).

"Pada hari Rabu, dua hari nan lalu, interogator telah melakukan aktivitas penggeledahan di salah satu instansi sekuritas di wilayah Jakarta Pusat," ujar Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto di Kantornya, Jakarta, Jumat (2/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dari hasil penggeledahan tersebut ditemukan beberapa arsip alias surat dan peralatan bukti elektronik mengenai aktivitas transaksi investasi PT Taspen," sambungnya.

Sebelumnya, KPK pada Rabu (19/6) mengumumkan status norma mantan Direktur Utama PT Taspen (Persero) Antonius N.S. Kosasih sebagai tersangka.

Penyidikan ini menindaklanjuti Surat Perintah Penyidikan nomor: Sprin.Dik/45/DIK.00/01/03/2024.

Berdasarkan sumber CNNIndonesia.com, Kosasih dan Direktur Utama Insight Investments Management Ekiawan Heri Primaryanto telah ditetapkan KPK sebagai tersangka. Mereka juga telah dicegah KPK untuk berjalan ke luar negeri selama enam bulan hingga September 2024.

Sebelumnya, KPK telah menggeledah tujuh tempat di letak berbeda. Yaitu dua rumah nan berada di Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur; satu rumah nan berada di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat; satu rumah nan berada di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan; dan salah satu unit nan berada di Belleza Apartemen, Jakarta Selatan.

Kemudian instansi pihak swasta nan berada di Office 8 Building SCBD, Jakarta Selatan dan Kantor PT Taspen (Persero), Jakarta Pusat.

Tim interogator menyita sejumlah peralatan bukti dalam penggeledahan tersebut, seperti sejumlah arsip maupun catatan investasi keuangan, perangkat elektronik dan sejumlah duit dalam pecahan mata duit asing nan diduga berangkaian dengan perkara.

Lembaga antirasuah menduga negara mengalami kerugian dari kasus ini sejumlah miliaran rupiah.

(ryn/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional