KPK Dalami Peran Eks Stafsus SYL di Kasus X-Ray Barantan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 20 Sep 2024 21:02 WIB

KPK mendalami peran mantan staf unik Syahrul Yasin Limpo, Joice Triatman, dalam kasus pengadaan X-Ray di Barantan. KPK mendalami peran mantan staf unik Syahrul Yasin Limpo, Joice Triatman, dalam kasus pengadaan X-Ray di Barantan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami peran mantan staf unik Menteri Pertanian era Syahrul Yasin Limpo (SYL), Joice Triatman, dalam kasus dugaan korupsi pengadaan X-Ray di Badan Karantina Pertanian (Barantan).

Pendalaman materi itu dilakukan tim interogator saat memeriksa Joice pada hari ini, Jumat (20/9).

"Penyidik mendalami pengetahuan dan peran saksi dalam pengadaan X-Ray di tahun 2021," ujar Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto melalui keterangan tertulis, Jumat (20/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tessa belum bisa menginformasi perincian peran Joice dalam kasus nan sedang diusut ini. Sebab, perihal itu sudah masuk ke dalam materi investigasi nan berkarakter tertutup.

KPK sudah menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan X-Ray di Barantan tetapi belum mengumumkannya ke publik.

Identitas tersangka berikut bangunan komplit perkara bakal disampaikan KPK berbarengan dengan upaya paksa penangkapan maupun penahanan.

Hanya saja, beberapa waktu lalu, mantan Sekretaris Barantan Wisnu Haryana mengaku telah ditetapkan KPK sebagai tersangka. Hal itu disampaikan Wahyu setelah menjalani pemeriksaan pada Senin (9/9).

"(Diperiksa) mengenai dengan pengadaan. Sebagai tersangka," kata Wisnu di Kantor KPK.

Pada Kamis (15/8) lalu, KPK telah menyurati Direktorat Jenderal Imigrasi untuk melakukan pencegahan berjalan ke luar negeri terhadap enam orang. Larangan tersebut bertindak untuk enam bulan ke depan.

Mereka nan dicegah ialah WH, IP, MB, SUD, CS dan RF.

KPK mengungkapkan potensi kerugian negara di kasus dugaan korupsi pengadaan X-Ray statis, mobile X-Ray dan X-Ray trailer alias kontainer Tahun Anggaran 2021 mencapai Rp82 miliar.

(ryn/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional