KPK Sebut Kaesang Naik Jet Pribadi Nebeng Y, Siapa Dia?

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Anak bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, datang ke Gedung KPK di Jakarta Selatan untuk menjelaskan kepergiannya ke Amerika Serikat dengan jet pribadi, nan oleh sejumlah pihak diduga corak gratifikasi lantaran dia anak dan adik pejabat.

Kepada KPK, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu mengaku bisa ke Amerika Serikati naik private jet karena nebeng temannya.

"Kita lihat apakah bener (nebeng) begitu, kita konfirmasi pasti," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi, Pahala Nainggolan, di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 17 September 2024.

Pahala mengatakan pihak KPK telah mengantongi nama pihak nan memberi tebengan kepada Kaesang, namun belum mengetahui profil dari pihak nan bersangkutan.

"Inisial Y jika enggak salah depannya, tapi kita enggak tahu bener enggak nama lengkapnya ini, WNI apa WNA, pesawat punya siapa, kelak kita konfirmasi lagi," ujarnya.

Kaesang Pangarep mengaku mendatangi Kantor KPK atas inisiatifnya sendiri.

"Kedatangan saya ke KPK sebagai penduduk negara nan baik, saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat. Saya datang ke sini, bukan lantaran undangan, bukan lantaran panggilan tapi inisiatif saya," kata Kaesang.

Ia mengatakan salah satu perihal nan dia penjelasan kepada KPK adalah soal penggunaan jet pribadi dalam perjalanan ke Amerika Serikat.

"Tadi saya juga di dalam menjelaskan mengenai perjalanan saya tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, nan numpang alias bahasa bekennya nebenglah, nebeng pesawatnya kawan saya," ujarnya.

Namun Kaesang tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai perjalanannya dan mengatakan agar pertanyaan tersebut diarahkan ke pihak KPK.

"Jadi intinya untuk lebih lanjutnya bisa ditanyakan ke KPK untuk lebih detilnya dan lebih lanjutnya," kata Kaesang.

Meski menyebut hanya ‘nebeng’ teman, namun Pahala Nainggolan mengungkapkan bahwa tidak ada kawan Kaesang nan ditebengi itu dalam private jet tersebut.  “Yang berkepentingan pergi berempat,” kata Pahala.

Pahala menjelaskan, empat penumpang jet pribadi itu adalah Kaesang dan istrinya Erina Gudono, kakak istrinya, serta seorang staf. Lebih lanjut, dia tak menjawab secara gamblang soal kawan Kaesang nan tidak ada dalam pesawat. “Nanti kita tanya sama temannya,” ujar dia.

Iklan

Pesawat Jet Pribadi Disebut-sebut Milik Gang Ye Bos Shopee

Sebelumnya Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono mendapat banyak sorotan di media sosial, salah satunya mengenai penggunaan jet pribadi ketika melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

Dugaan gratifikasi itu diperbincangkan warganet, seperti di media sosial X, setelah istri Kaesang, Erina Gudono, mengunggah pemandangan dari dalam jet pribadi melalui media sosial Instagram.

Gang Ye, taipan sekaligus petinggi perusahaan SEA Limited nan mempunyai Shopee, diduga sebagai sosok nan menyediakan akomodasi jet pribadi untuk Kaesang Pangarep.

Fakta bahwa jet pribadi nan ditumpangi Kaesang-Erina adalah Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE ditemukan oleh netizen. Potongan arsip nan memperlihatkan bahwa pemilik Gulfstream G650ER N588SE adalah Garena Online (Private) Ltd, unit upaya Sea Group.

Tidak dijelaskan oleh Pahala apakah kawan Kaesang berinisial Y itu adalah Gang Ye.

Salah seorang sumber Tempo di Shopee Indonesia belum bisa memastikan apakah jet pribadi nan ditumpangi Kaesang dan Erina Gudono itu terafiliasi dengan SEA Group. “Sejak tahun 2021, semua kendaraan operasional untuk dewan tidak ada lagi,” katanya. 

Belum ada pernyataan resmi dari Gang Ye alias SEA Group mengenai jet pribadi tersebut.

Shopee mempunyai sejumlah kerja sama dengan Pemerintah Kota Solo sewaktu anak sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka menjadi wali kota, seperti pembangunan Technopark Solo dan pembenahan perkampungan kumuh di sana.

Gibran nan terpilih sebagai wapres, membantah kepergian Kaesang dengan jet pribadi mengenai dengan kerja sama tersebut.

Nandito Putra dan berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor Ini Kronologi Ekspor Pasir Laut: Dihentikan Megawati dan Dibuka Lagi Jokowi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis