KPU DKI: Parpol Tak Bisa Tarik Dukungan Jika Sudah Daftarkan Paslon

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 29 Agu 2024 12:39 WIB

KPU DKI Jakarta menegaskan parpol tak bisa tarik support jika sudah mendaftarkan paslon secara resmi. Ilustrasi. KPU DKI Jakarta menegaskan parpol tak bisa tarik support jika sudah mendaftarkan paslon secara resmi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menegaskan partai politik tidak bisa menarik support terhadap pasangan calon (paslon) jika sudah mendaftarkannya secara resmi.

Ketua Divisi Teknis KPU DKI Jakarta Dody Wijaya menjelaskan sudah ada ketentuan nan mengatur perihal tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sesuai ketentuan tidak memungkinkan (tarik dukungan) ya," kata Dody Wijaya saat dikonfirmasi, Kamis (29/8).

Dody menjelaskan berasas Pasal 43 UU Nomor 1 Tahun 2015 partai politik alias campuran partai politik dilarang menarik calonnya dan/atau calonnya dilarang mengundurkan diri sejak pendaftaran sebagai calon pada KPU provinsi alias KPU kabupaten/kota.

"Dalam perihal partai politik alias campuran partai politik menarik calonnya alias calonnya mengundurkan diri sebagaimana dimaksud pada Ayat (1), partai politik alias campuran partai politik nan mencalonkan tidak dapat mengusulkan calon pengganti," ujar dia.

Pada Pilgub Jakarta 2024, sejauh ini sudah ada dua paslon nan mendaftar. Kedua pasangan itu adalah Pramono-Rano Karno dan Ridwan Kamil-Suswono.

Pramono-Rano didukung PDIP. Sementara Ridwan Kamil-Suswono didukung Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, dan Garuda.

Sementara itu, pasangan jalur independen Dharma Pongrekun-Kun rencananya bakal mendaftar pada hari ini nan merupakan hari terakhir pendaftaran. KPU Jakarta membuka pendaftaran hingga pukul 23.59 WIB.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional