KPU RI Minta Simulasi Calon Tunggal Vs Kotak Kosong Digelar di Daerah

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 16 Sep 2024 00:25 WIB

Simulasi pencoblosan calon tunggal vs kotak kosong untuk Pilkada 2024 sudah digelar KPU RI di Maros, Sulsel dan perihal ini diminta digelar di tiap daerah. Simulasi pencoblosan calon tunggal vs kotak kosong untuk Pilkada 2024 sudah digelar KPU RI di Maros, Sulsel dan perihal ini diminta digelar di tiap daerah. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta perwakilannya di wilayah menggelar simulasi pemungutan bunyi nan hanya mempunyai satu pasangan bakal calon kepala wilayah sehingga melawan kotak kosong di Pilkada 2024.

"Nanti kita bakal bebankan teman-teman provinsi, terutama jika memang ada waktu dan kesempatan, kita sorong untuk melakukan simulasi. Sehingga, inikan spesifik ya. Kalau untuk simulasi umum sebenarnya silakan kawan di wilayah masing-masing. Biasanya level provinsi," kata Ketua KPU RI, Moch Afifuddin di Maros, Sulsel, Minggu (15/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Afifuddin menyebut secara nasional terdapat satu provinsi dan 37 kabupaten kota nan mempunyai bakal pasangan calon tunggal nan sementara ini berkas pendaftarannya di KPU masing-masing dalam proses penyelesaian. Namun, kepastiannya bakal disampaikan pada tanggal 22 September.

"Jadi kelak kepastiannya setelah 22 September. Nanti kami bakal pembaruan saat penetapan calon tanggal 22 September," tuturnya.

Potensi terjadi kecurangan di Pilkada serentak menjadi konsentrasi KPU RI, sehingga, kata Afifuddin, pihaknya tentu bakal bekerja-sama dengan pihak TNI dan Polri untuk mengantisipasi adanya hal-hal nan mengganggu suasana demokratis, setara dan transparan.

"Ya jika dengan kepolisian sudah terjalin baik, tidak hanya nan kotak kosong semua titik kita koordinasi dengan kawan kepolisian dan insya Allah sudah dikonsolidasikan dengan baik," jelasnya.

Ketua KPU RI menerangkan jika pada Pilkada serentak nantinya kotak kosong mempunyai bunyi terbanyak, maka Pilkada tersebut tidak diulang.

"Bukan diulang, tapi Pilkada selanjutnya dilaksanakan satu tahun kemudian. Nanti kami bakal simulasikan tahapannya," pungkasnya.

(mir/fea)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional