KPU RI Simulasi Pencoblosan Calon Tunggal vs Kotak Kosong di Maros

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 15 Sep 2024 21:19 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar simulasi pencoblosan pemilihan kepala wilayah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Ilustrasi. KPU RI menggelar simulasi pencoblosan di Kabupaten Maros, Sulsel, nan hanya mempunyai satu pasangan calon di Pilkada 2024. (Foto: (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono))

Makassar, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar simulasi pencoblosan pemilihan kepala wilayah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Maros merupakan wilayah nan mempunyai hanya satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Simulasinya untuk wilayah nan paslon tunggal. Jadi gimana pemungutan bunyi di TPS nan paslonnya hanya 1. Itu nan kita simulasikan," kata Ketua KPU RI, Moch Afifuddin di Maros, Minggu (15/9).

Simulasi ini menurut Afifuddin dilakukan sebelum finalisasi PKPU tentang penghitungan suara, termasuk petunjuk teknis dan skema mengenai situasi di TPS.

"Jadi kita melakukan simulasi untuk kemudian mengenali masalah nan ideal, seperti apa dan simulasi termasuk masukan-masukan dari Bawaslu dan semua pihak nan kira-kira bisa kita adaptasi," tuturnya.

Afifuddin menerangkan bahwa ada beberapa catatan dalam penyelenggaraan simulasi pencoblosan nan dilakukan pada hari ini.

"Nah, itulah kita minta teman-teman untuk adaptasi, termasuk tadi kita lihat dan catat posisi kotak suara, setelah orang coblos memasukkan ke kotak bunyi itu catatannya, mungkin mejanya kurang rendah sedikit, sehingga teman-teman pengguna bangku roda bisa berdikari langsung dan tidak perlu support memasukkan (surat suara). Kemudian tata letaknya mungkin juga kelak kita geser nan mudah lebih dilihat dari semua sisi," ungkapnya.

Afifuddin juga mendorong kepada KPU wilayah lain nan mempunyai satu bakal calon kepala wilayah di Pilkada serentak ini menggelar simulasi pencoblosan.

"Nanti kita bakal bebankan teman-teman provinsi, terutama jika memang ada waktu dan kesempatan kita sorong untuk melakukan simulasi. Ini, kan, spesifik. Kalau untuk simulasi umum sebenarnya silahkan kawan di wilayah masing-masing. Biasanya level provinsi," ujar dia.

(mir/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional