KPU Tunda Penetapan Kursi Caleg Terpilih

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 31 Jul 2024 15:38 WIB

KPU menunda penetapan perolehan bangku dan caleg terpilih DPR RI Pileg 2024 lantaran beberapa partai mengusulkan sengketa hasil pileg ulang ke MK. Ilustrasi. KPU Tunda Penetapan Kursi Caleg Terpilih. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menunda penetapan perolehan bangku dan caleg terpilih DPR RI Pileg 2024 nan semula dijadwalkan pada hari ini, Rabu (31/7).

Komisioner KPU Idham Holik mengatakan perihal itu dikarenakan beberapa partai mengusulkan sengketa hasil Pileg ulang ke Mahkamah Konstitusi (MK). Idham menyebut KPU baru mendapat info adanya permohonan sengketa tersebut.

"Dikarenakan tadi siang, kami sekitar jam 10-an pada tanggal 31 Juli 2024, kami mendapatkan info bahwa Mahkamah Konstitusi menerima permohonan PHPU nan baru dari salah satu partai politik," kata Idham di Kantor KPU, Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Maka dengan itu rencana kami mau melakukan penetapan perolehan bangku partai politik itu belum kami bisa lanjutkan," imbuhnya.

Adapun sengketa hasil pemilu legislatif (PHPU Pileg) nan masuk ke MK itu diajukan oleh Partai Demokrat untuk dapil Banten. Kemudian ada pula gugatan dari Partai NasDem untuk dapil DKI Jakarta.

"Yang dimohonkan tersebut ke MK pada hari ini itu adalah dapil DPR RI, jadi dengan demikian kami belum bisa melaksanakan ketentuan nan terdapat di dalam pasal 414 ayat 1," kata dia.

"Jadi dengan demikian kami menyampaikan pemohon maaf nan seyogyanya atas apa nan telah terjadwal, semestinya pada sore hari ini kami sudah bisa melakukan penetapan perolehan bangku dan calon terpilih, tetapi kami belum bisa melanjutkannya," imbuhnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengumumkan hasilrekapitulasi Pileg 2024di tingkat nasional pasca tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Minggu (28/7).

Adapun tindak lanjut nan dimaksud adalah perintah MK kepada KPU untuk menggelar pemungutan bunyi ulang (PSU) dan rekapitulasi ulang di sejumlah daerah.

Dalam rekapitulasi final ini PDIPberhasil keluar sebagai partai dengan perolehan bunyi tertinggi di Pileg2024. Ini jadi kemenangan ketiga PDIPsecara beruntun aliashatrickdalam tiga edisiPileg2014, 2019 dan 2024.

(yla/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional