Kronologi KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 09 Jun 2024 13:35 WIB

Ribuan penumpang panik dan berupaya turun dari kapal untuk menyelamatkan diri saat KM Usmini terbakar di Pelabuhan Makassar. Ribuan penumpang panik dan berupaya turun dari kapal untuk menyelamatkan diri saat KM Usmini terbakar di Pelabuhan Makassar. ANTARA FOTO/HASRUL SAID

Makassar, CNN Indonesia --

KM Umsini terbakar saat bersandar di Pelabuhan Makassar usai berlayar dari Baubau, Sulawesi Tenggara dengan tujuan ke Surabaya.

Kapal tersebut tiba dari perjalanan Baubau menuju ke Surabaya, kemudian transit di Pelabuhan Makassar. Kapal itu membawa 1.084 penumpang nan terdiri dari penumpang tujuan Surabaya sebanyak 718 orang dan penumpang lanjutan sebanyak 652 orang.

Kemudian pada sekitar pukul 05.00 WITA, saat hendak berangkat, kapal tiba-tiba mengeluarkan asap nan terlihat dari dek 2 alias di bagian mesin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepulan asap keluar dari dalam area ruangan mesin kapal tersebut.

"Kapal ini nan terjadi kebakaran di dalam ruang mesin, perkiraan di situ," kata Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto, Minggu (9/6).

"Sumber api tetap kita belum tahu, kelak bakal dicek. Kami dari Labfor sudah stand by untuk bisa kelak bersama-sama naik ke kapal," ungkapnya.

Pada saat asap keluar dari ruang mesin, ribuan penumpang KM Umsini langsung panik dan berupaya turun dari kapal untuk menyelamatkan diri nan mengakibatkan seorang penumpang terjatuh dari tangga kapal.

"Tadi sempat panik. Jadi korban luka, stress ada dua, nan satu lantaran sesak nafas, satunya lagi lantaran stres melompat dari tangga. Namun semuanya sudah ditangani secara baik di rumah sakit Angkatan Laut," jelasnya.

Sementara ini, kata Yudi pihaknya telah memasang garis polisi untuk penyelidikan dan melarang penumpang maupun penduduk lainnya nan hendak memasuki area kapal tersebut.

"Kami police line agar kapal itu tidak dimasuki oleh penumpang. Personel nan disiagakan, kami siapkan seratus personel baik kelak di dalam terminal agar tidak terjadi gaduh," pungkasnya.

(mir/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional