Kronologi Pesawat Jatuh di BSD, Take Off dari Tanjung Lesung

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Perhubungan mengungkap pesawat nan jatuh di Lapangan Sun Burst, BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (19/5) awalnya berangkat dari airport Tanjung Lesung, Banten.

"Rute pesawat terbang ini dari airport Tanjung Lesung, Banten menuju airport Pondok Cabe, Tangerang Selatan," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan resminya, Minggu (19/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adita mengatakan pesawat tersebut mengangkut tiga orang, ialah Pilot Capt. Pulu Darmawan, Co-Pilot Capt. Suanda, dan teknisi Capt. Farid Ahmad. Ketiganya tewas dalam peristiwa tersebut.

Menurut Adita pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga bakal menginvestigasi penyebab jatuhnya pesawat TecnamP2006T dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club itu.

Kronologi jenis polisi

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi menjelaskan kronologi komplit jatuhnya pesawat latih tersebut. Menurutnya pesawat ini awalnya terbang dari Bandara Pondok Cabe.

"Take off Bandara Pondok Cabe sekira pukul 11.36 WIB," kata Ade Ary, mengutip Detik.

Ade mengatakan pesawat itu sempat landing di Bandara Khusus Salakanegara, Pandeglang, Banten. Kemudian, saat kembali ke Bandara Pondok Cabe, pesawat itu terjatuh di sekitar Lapangan Sun Burst BSD.

"Landing Tanjung Lesung, Bandara Salakanegara, pemberitahuan sebelum take off dari Tanjung Lesung sekitar pukul 13.10 WIB," jelasnya.

Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ibnu Bagus Santosa menyebut saat pesawat dengan kode PK-IFP jatuh di lapangan Sunburst, BSDcuaca dalam keadaan buruk.

Pesawat TecnamP2006T itu jatuh sekitar pukul 14.30 WIB dan menewaskan tiga orang di letak kejadian.

"Kejadian hujan lebat, pukul 14.00 WIB," kata Ibnu di letak kejadian, Minggu (19/5).

Suara dentuman

Seorang saksi mata menceritakan detik-detik pesawat dengan kode PK-IFP nan jatuh di Lapangan Sunburst BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (19/5).

Wanto, seorang pekerja di lokasi, awalnya mengira ada kecelakaan truk. Ia mengaku mendengar bunyi dentuman keras. Setelah dicari sumber suara, Wanto menemukan pesawat jatuh.

Dari badan pesawat terlihat ada asap namun badan pesawat tak terbakar.

"Ada korban nan terpental, ada dua nan di dalam pesawat, tadi saya lihat korban tetap mobilitas sedikit, tak lama sudah tidak bergerak lagi," kata Wanto kepada CNNIndonesia.com di lokasi.

Sebelumnya Wanto juga memandang pesawat sempat berputar-putar di udara dan lenyap kendali. Namun dia tak menyangka pesawat sampai terjatuh.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional