Kuasa Hukum: Buku Hasto Disita KPK Berisi Strategi PDIP di Pilkada

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Tim kuasa norma Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ronny Talapessy mengungkap kitab catatan nan disita interogator Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari tas Kusnadi berisi strategi pemenangan PDIP di Pilkada 2024.

Hal itu disampaikan Ronny saat menyampaikan laporan terhadap interogator KPK ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada Selasa (11/6). Kusnadi adalah staf Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

"Jadi perlu kita sampaikan, ada kitab nan disita oleh interogator nan tidak mengenai dengan investigasi nan dilakukan oleh KPK. Buku tersebut mengenai dengan pemenangan Pilkada se-Indonesia dari PDI Perjuangan. Itu adalah kebijakan-kebijakan partai, mengenai dengan strategi dan pemenangan pilkada Indonesia," ungkap Ronny di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi alias Kantor Dewas KPK, Jakarta, Selasa (11/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita tidak tahu apa tujuannya. Tujuan kitab itu untuk siapa? Tujuannya untuk apa? Maka di sini kita mengusulkan protes keras, keberatan. Kita tidak mau, lembaga penegak norma ini, jangan sampai dipakai sebagai perangkat kekuasaan," sambung Ronny.

Menurut Ronny, kitab berisi agenda PDIP itu disita tanpa izin dari Hasto. Ronny menyebut kitab itu berada di dalam tas Kusnadi.

Ronny mengatakan PDIP telah merapatkan mengenai penyitaan kitab berisi agenda tersebut. Menurutnya, masalah ini juga sudah dilaporkan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sudah dirapatkan oleh DPP dan sudah dilaporkan kepada ibu Ketua Umum. Tentunya jika dari kami tim norma kami menyayangkan apa nan terjadi ya. Sedang dirapatkan teman-teman, kelak kita bakal sampaikan ya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ronny menjelaskan strategi pemenangan PDIP dalam kitab catatan tersebut berisi sejumlah informasi, termasuk penetapan calon-calon kepala daerah.

"Tentunya kan banyak, strategi pemetaan, wilayah, kemudian strategi tentang pemenangan, ada hal-hal nan mengenai dengan partai, penetapan calon-calon kepala daerah. Tetapi perlu rekan-rekan media ketahui bahwa tidak usah cemas bahwa PDIP Perjuangan kami mantap untuk menghadapi pilkada," kata Ronny.

Ronny menyebut strategi pemenangan itu diketahui oleh para ketua partai. Ia menegaskan bahwa tidak ada salinan lain untuk catatan tersebut.

"Tidak ada salinan lain. Perlu kita jelaskan garis bawahi bahwa peralatan nan disita tidak ada kaitannya dengan perkara nan sedang diperiksa oleh KPK. Itu adalah barang-barang pribadi dan barang-barang partai, supremasi partai, kedaulatan partai di dalam kitab tersebut, agenda-agenda partai dan itu kami menyayangkan perihal tersebut," ujarnya.

Hasto Kristiyanto sebelumnya diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap nan menjerat mantan calon legislatif PDIP Harun Masiku.

Ia mengaku diperiksa selama 4 jam oleh Tim Penyidik KPK. Selain itu, Hasto mengaku handphone hingga catatannya disita oleh interogator KPK.

KPK diduga telah mengetahui keberadaan Harun nan telah menjadi buron selama empat tahun lebih.

Harun Masiku diproses norma KPK lantaran diduga menyuap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan agar bisa ditetapkan sebagai pengganti Nazarudin Kiemas nan lolos ke DPR tetapi meninggal dunia.

Ia diduga menyiapkan duit sekitar Rp850 juta untuk pelicin agar bisa melenggang ke Senayan.

Wahyu nan divonis dengan pidana tujuh tahun penjara telah mendapatkan program Pembebasan Bersyarat sejak 6 Oktober 2023.

(pop/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional