LBH Padang Adukan Kasus Afif Maulana ke Komnas HAM Hari Ini

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 25 Jun 2024 06:41 WIB

LBH Padang bakal datang ke instansi Komnas HAM pada Selasa (25/6) ini untuk melaporkan dugaan penyiksaan nan dialami Afif. Ilustrasi. LBH Padang bakal datang ke instansi Komnas HAM pada Selasa (25/6) ini untuk melaporkan dugaan penyiksaan nan dialami Afif. (CNN/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang akan mendatangi instansi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada Selasa (25/6) ini. Mereka bakal mengadukan dugaan penyiksaan nan dilakukan polisi terhadap siswa SMP berjulukan Afif Maulana (13) di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Rencana ini dikonfirmasi Koordinator Sub-Komisi Penegakan HAM Komnas HAM Uli Parulian Sihombing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"LBH Padang selaku kuasa hukumnya bakal mengadu ke Komnas HAM," kata Uli kepada CNNIndonesia.com, Senin (24/6).

Uli belum bisa mengomentari kasus dugaan penyiksaan nan merenggut nyawa itu. Dia menyatakan Komnas HAM bakal mendalami kejuaraan dari LBH Padang terlebih dahulu.

"Kami tentu menerima dan mendalami pengaduannya dulu," ujarnya.

Diberitakan, Afif Maulana, ditemukan tewas dengan kondisi luka lebam di bawah jembatan Batang Kuranji, Kota Padang, Minggu (9/6) siang.

LBH Padang menduga korban meninggal bumi lantaran disiksa personil Sabhara Polda Sumbar nan sedang melakukan patroli pencegahan tawuran.

Kapolda Sumbar Irjen Suharyono sudah angkat bunyi mengenai penemuan jasad Afif. Suharyono membantah ada dugaan penyiksaan nan dilakukan personil Sabhara terhadap Afif.

Ia mengatakan dari keterangan saksi nan memboncengi, Afif diduga terjun ke sungai saat ada pengamanan tindakan tawuran.

"Saat terjadi pengejaran itu, ada upaya (korban) melompat dari motor ke sungai. Ini merupakan kesaksian kawan korban nan berjulukan Adit saat kita periksa," kata Suharyono kepada wartawan, dikutip Senin.

"Ini sudah ada kesaksian Aditia bahwa memang almarhum Afif Maulana berencana masuk ke sungai. Menceburkan diri ke sungai. Ini cerita sebenarnya lantaran kesaksian nan kita ambil dari kawan nan ikut serta dalam tawuran itu," imbuhnya.

(yla/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional