Libur Panjang Waisak, Ribuan Pelanggan Kereta Api Padati Stasiun di Wilayah KAI Daop 9

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jember - Ribuan pengguna kereta api padati sejumlah stasiun di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI Daerah Operasi 9 Jember, dari Pasuruan hingga Ketapang di Banyuwangi, Kamis, 23 Mei 2024 nan bertepatan dengan libur panjang Hari Raya Waisak. Tercatat sebanyak 8.800 pengguna menggunakan kereta api dari sejumlah stasiun itu.

“Untuk keberangkatan hari ini, Kamis, sampai dengan pukul 10.00 WIB saat info diambil, KAI Daop 9 Jember sudah melayani pengguna sebanyak 8.800 pengguna kereta api. Jumlah tersebut tetap bakal bertambah lantaran tetap ada kereta api nan bakal berangkat pada agenda berikutnya,” kata Cahyo Widiantoro, Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 Mei 2024.

Cahyo menambahkan, untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat pengguna kereta api pada libur panjang Waisak, KAI Daop 9 Jember menambahkan satu kereta pelaksana pada rangkaian KA Ranggajati keberangkatan Jember tujuan Cirebon dan KA Wijayakusuma dari Ketapang tujuan Cilacap. Selain itu, satu kereta upaya juga ditambahkan pada rangkaian KA Logawa dari Jember tujuan Purwokerto.

KA Probowangi dari Ketapang tujuan Surabaya menjadi kereta dengan volume penumpang tertinggi. Tercatat 1.021 pengguna menggunakan KA Probowangi, Kamis, 23 Mei 2024. Angka tersebut merupakan 161 persen dari kapabilitas nan tersedia sebanyak 636 tempat duduk. “Harga tiket KA Probowangi nan cukup terjangkau menjadikannya favorit masyarakat tapal kuda untuk berjalan dalam wilayah Daop 9 Jember,” imbuhnya.

KAI Daop 9 Jember mengingatkan para pengguna kereta api agar pada saat boarding kudu menunjukkan identitas sesuai dengan nan tertera pada tiket. Jika pengguna tidak dapat menunjukkan identitas alias identitas nan dibawa tidak sesuai, maka penumpang tersebut tidak dizinkan naik di dalam kereta alias jika ketahuan di dalam kereta bakal diturunkan pada kesempatan pertama.

Iklan

Untuk keberangkatan hari ini, nyaris semua kereta api keberangkatan Daop 9 Jember, baik dari Stasiun Jember maupun Stasiun Ketapang, tiketnya telah lenyap terjual, menyisakan KA Blambangan Ekspres dari Stasiun Ketapang nan tetap tersisa 198 tempat duduk.

Sampai dengan hari Minggu, 26 Mei 2024, tetap tersisa 2.267 tempat duduk. Sisa terbanyak terdapat pada hari Jumat, 24 Mei 2024 dengan 1.046 tempat duduk. “Bagi pengguna nan tidak kebagian tiket untuk keberangkatan hari ini (Kamis) dapat menggunakan kereta api nan lain, memilih kereta api pada tanggal keberangkatan nan lain alias memanfaatkan fitur connecting train nan tersedia pada aplikasi Access by KAI,” kata Cahyo.

Pilihan Editor: Banyak Polemik Barang Bawaan dari Luar Negeri, Ombudsman Minta Bea Cukai Berbenah

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis