Lolos Seleksi Capim KPK, Johan Budi Kirim Pengunduran Diri ke PDIP

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 27 Jul 2024 17:10 WIB

Johan Budi disebut sudah menyampaikan surat pengunduran diri dari PDIP dan DPR usai dinyatakan lolos seleksi manajemen capim KPK. Johan Budi disebut sudah menyampaikan surat pengunduran diri dari PDIP dan DPR usai dinyatakan lolos seleksi manajemen capim KPK. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menyebut Johan Budi sudah menyampaikan surat pengunduran diri dari partainya dan DPR usai dinyatakan lolos dalam seleksi manajemen calon ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pak Johan Budi sudah melaporkan pengunduran diri lantaran untuk menjadi komisioner KPK itu tidak boleh menjadi personil partai politik alias kader partai politik, termasuk juga pengunduran diri sebagai personil DPR RI," kata Djarot di instansi DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7).

Namun, Djarot mengaku tidak mengetahui secara pasti kapan surat pengunduran diri itu dilayangkan oleh Johan Budi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, Johan Budi mempunyai segudang pengalaman di KPK. Sebelum terjun ke bumi politik, kata dia, Johan Budi sempat menjabat sebagai ahli bicara di lembaga antirasuah tersebut.

"Saya secara pribadi menyampaikan selamat dan saya tahu, kenal dengan Pak Johan Budi. Saya tidak meragukan integritas beliau untuk selalu melakukan tindakan sikap perilaku nan jujur, berintegritas dan berkarakter," ucapnya.

Sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK telah mengumumkan 236 nama pendaftar seleksi calon ketua lembaga antirasuah. Beberapa nama top masuk jejeran tersebut.

Ketua Pansel KPK Yusuf Ateh mengatakan nama-nama itu sudah lulus seleksi administrasi. Ada sekitar 26 persen alias 82 orang nan tak lolos seleksi tahap pertama.

Dari nama-nama itu, selain Johan Budi, ada beberapa nama nan sudah dikenal publik seperti eks Menteri ESDM Sudirman Said, lampau ada empat mantan pegawai KPK nan dipecat lantaran tes wawasan kebangsaan (TWK) nan kontroversial.

Empat eks pegawai KPK nan sekarang juga tergabung dalam IM57+ adalah Herry Muryanto, Giri Suprapdiono, Hotman Tambunan, dan Airien Marttanti Koesniar.

Johan Budi bukan nama baru di lembaga tersebut. Dia pernah menjabat sebagai Deputi Pencegahan KPK, Juru Bicara KPK dan Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK. Johan bekerja di KPK sejak lembaga KPK dibentuk dari latar belakangnya sebagai seorang wartawan.

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional