LSI: Mayoritas Pemilih PDIP Pilih Bobby Nasution di Pilgub Sumut

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat arah support para pemilih partai dalam simulasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara 2024.

Dalam rilis survei mereka, LSI mencatat kebanyakan pemilih PDIP cenderung mengarahkan support kepada Bobby Afif Nasution. Jumlahnya ada di nomor 62,2 persen. Bobby merupakan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) nan sekarang jadi kader Gerindra.

Kemudian, sisanya memilih kader nan masuk dalam bursa cagub PDIP di Pilgub Sumut, ialah Nikson Nababan sebesar 14,6 persen. Lalu, kepada Edy Rahmayadi 14,0 persen. Data itu dihitung dari pedoman responden sebesar 13,3 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pemilih PDIP untuk sementara tetap ke Bobby. Pemilih PDIP mungkin ini sisa-sisa kenangan ketika Bobby tetap menjadi kader PDIP kali," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam konvensi pers, Minggu (28/7).

Djayadi juga menduga arah support kebanyakan pemilih PDIP ke Bobby lantaran partai tersebut hingga sekarang belum mengumumkan sosok nan bakal diusung di Pilgub Sumut.

Di luar PDIP, kebanyakan pemilih partai lain juga mengarahkan support ke Bobby dalam survei tersebut. Misalnya, Golkar dan Gerindra.

Pemilih Gerindra nan diprediksi bakal memilih Bobby angkanya mencapai 71,8 persen. Sedangkan Golkar sebesar 57,3 persen.

"Pemilih Partai Golkar walaupun belum dominan tapi condong lebih banyak ke Bobby. Tapi menarik juga 35 persenan memilih Edy Rahmayadi," katanya.

PDIP dan Golkar mempunyai bangku kebanyakan di DPRD Sumut dalam Pileg 2024. Dari total 100 kursi, Golkar mengantongi bangku terbanyak dengan 22 kursi, disusul PDIP dengan 21 kursi.

Sisanya ada Gerindra 13 kursi, NasDem 12 kursi, PKS 10 kursi, PAN 6 kursi, Hanura 5 kursi, Demokrat 5 kursi, PKB 4 kursi, PPP 1 kursi, dan Perindo 1 kursi.

Survei LSI dilakukan terhadap 800 responden penduduk Sumut nan sudah mempunyai kewenangan pilih. Survei dilakukan pada periode 7-17 Juli 2024 menggunakan multi stage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Belum ada survei serupa soal Pilgub Sumut 2024. Sementara itu, menurut survei Lembaga Survei Vote Institute soal Pilgub Sumut pada Mei 2024, ketenaran Bobby tercatat 21,4 persen.

Ia mengalahkan Edy Rahmayadi (13,7 persen), mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeksah namalain Ijeck (3,9 persen), dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (3,8 persen).

(thr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional