Luhut Binsar Pandjaitan Sebut Jokowi dan Elon Musk Bakal Resmikan Starlink di Bali

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan jasa Starlink bakal diresmikan Presiden Jokowi berbareng Elon Musk di sela-sela perhelatan World Water Forum Ke-10 di Nusa Dua, Bali.

Luhut Panjaitan menyampaikan perihal itu usai memberikan pengarahan dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bareskrim Polri di Anvaya Resort, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa, 14 Mei 2024. "Elon Musk bakal meresmikan berbareng Presiden Starlink untuk mempermudah komunikasi di wilayah terpencil. Ini bakal dilakukan pada hari Minggu (19 Mei 2024)," katanya.

Meski demikian, Luhut tidak menjelaskan secara perincian mengenai dengan jasa Starlink antara pemerintah Indonesia dan Elon Musk itu. Luhut memastikan Elon Musk bakal datang di Bali sebagai salah satu pembicara saat perhelatan World Water Forum Ke-10 di Nusa Dua."Elon Musk bakal diundang sebagai pembicara publik pada pembukaan World Water Forum Ke-10," katanya.

Menurut Luhut, seluruh agenda dan tempat KTT World Water Forum Ke-10 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali sudah siap. "Kegiatan sudah berjalan bagus, Presiden bakal hadir, acara-acaranya sudah siap, kelak ada ground breaking reef center mangrove antara pemerintah Abudabi dan Indonesia di Kura-kura Bali," katanya.

Iklan

Terkait dengan jasa Starlink di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi beberapa waktu lampau menyebut penyedia jasa internet berbasis satelit, Starlink, bakal lebih banyak menjangkau area nan selama ini mempunyai tantangan geografis dan tak tersentuh PJI lokal lantaran teknologinya nan berbasis satelit, ialah satelit low earth orbit (LEO).

Adapun status perizinan Starlink saat ini, kata dia, sudah memenuhi uji laik operasi (ULO) nan artinya perusahaan milik pebisnis Elon Musk itu sudah mempunyai izin sebagai penyelenggara telekomunikasi di Indonesia. Budi mengatakan bahwa Starlink tidak bakal merusak ekosistem milik penyelenggara jasa internet (PJI) lokal nan sudah terlebih dulu beraksi di Indonesia.

Pilihan editor: Rekam Jejak Starlink Elon Musk hingga Masuk Indonesia

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis