Luhut Harap KPK Ada Korps Penyidik Khusus: Tak Tergantung Jaksa-Polisi

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 13 Sep 2024 19:24 WIB

Menko Marves Luhut berambisi interogator KPK di masa nan bakal datang dapat betul-betul independen dan bebas intervensi dari pihak manapun. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (CNN Indonesia/ Kadafi)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berharap interogator KPK di masa nan bakal datang dapat betul-betul independen dan bebas intervensi dari pihak manapun.

Luhut berambisi independensi interogator KPK itu dapat terwujud dengan adanya tim interogator nan sepenuhnya berasal dari internal lembaga antirasuah.

"Biarlah KPK nan datang mempunyai penyidik-penyidik nan independen, tidak hanya tergantung kepada polisi maupun jaksa," kata Luhut melalui unggahan di akun IG resminya @luhut.pandjaitan, Jumat (13/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tapi biarlah mereka juga bisa membikin satu korps interogator unik nan dari KPK," sambung pria nan juga kerap dikenal sebagai orang kepercayaan Presiden Jokowi itu.

Di sisi lain, Luhut mengaku mengikuti proses seleksi calon ketua KPK nan tengah melangkah saat ini. Ia mengaku mengenal beberapa orang nan mengikuti seleksi tersebut.

Luhut mengaku kenal dengan beberapa calon ketua KPK itu lantaran pernah bekerja sama membikin sistem digital pencegahan korupsi melalui government technology.

"Oleh lantaran itu, saya mendukung betul seleksi nan saya lakukan oleh panel independen untuk ini. Sehingga mendapatkan ketua KPK nan kelak mendukung ekosistem nan sudah dibangun," tutur dia.

Sebelumnya, sebanyak 20 orang peserta seleksi capim KPK dinyatakan Pansel KPK lolos seleksi profil asesmen.

Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh menyebut puluhan nama nan lolos itu nantinya bakal mengikuti tahapan wawancara dan tes jasmani nan diselenggarakan pada 17-18 September 2024.

"Dari jumlah peserta profil asesmen tersebut nan dinyatakan lulus masing-masing untuk capim ada 20 orang dan (calon) dewas ada 20 calon," kata Yusuf di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (11/9).

(mab/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional