Mabes Polri Kerahkan 4.500 Aparat Jaga Forum Indonesia-Afrika di Bali

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 20 Agu 2024 22:10 WIB

Mabes Polri melakukan Operasi Puri Agung II 2024 untuk menjaga Forum Indonesia dan Afrika nan bakal digelar pada 31 Agustus-4 September 2024 di Bali. Ilustrasi persiapan Operasi Puri Agung di Bali. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mabes Polri bakal mengerahkan total 4.523 personel dalam rangka pengamanan aktivitas Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum Multi Stakeholders Partnership (HLF-MSP) 2024.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menjelaskan pengamanan aktivitas internasional itu bakal dilakukan lewat Operasi Puri Agung II nan digelar di Bali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Operasi Puri Agung II 2024 bakal digelar pada 31 Agustus hingga 4 September 2024," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (20/8).

Sandi membeberkan dari total personel nan dikerahkan sebanyak 1.459 personel berasal dari Mabes Polri. Sementara sisanya, kata dia, ada 2.464 personel dari Polda Bali dan masing-masing 300 personel dari Polda Jawa Timur (Jatim) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ia mengatakan pengerahan personel dari Polda Jatim dan Polda NTB dilakukan lantaran keduanya merupakan wilayah penyangga dari Bali sebagai letak utama kegiatan.

Sandi menambahkan nantinya pihak kepolisian juga bakal bekerja sama dengan TNI, Paspampres hingga BNPT guna memastikan penyelenggaraan aktivitas internasional tersebut.

"Polri mengamankan kedua event itu agar dapat melangkah aman, lancar dan situasi kondusif. Selain itu, Polri juga bertanggungjawab terhadap pemeliharaan kamtibmas Bali agar kondusif," jelasnya.

Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2 bakal diselenggarakan pada tanggal 1-3 September 2024 di Bali. Kementerian Luar Negeri mengatakan IAF ke-2 tahun ini bakal mengusung tema Bandung Spirit for Africa's Agenda 2063.

Selain itu, IAF juga konsentrasi pada pembahasan rumor mengenai transformasi ekonomi, daya dan pertambangan, pangan, ketahanan kesehatan, dan kerja sama pembangunan. Pelaksanaan IAF juga diharapkan dapat menjawab beragam tantangan dunia seperti konflik, penurunan ekonomi, hingga perubahan iklim.

(tfq/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional