Mabes Polri Peringati Hari Juang Polri pada 21 Agustus

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 20 Agu 2024 16:25 WIB

Mabes Polri untuk pertama kali bakal memperingati Hari Juang Polri nan ditetapkan jatuh pada tanggal 21 Agustus. Mabes Polri untuk pertama kali bakal memperingati Hari Juang Polri nan ditetapkan jatuh pada tanggal 21 Agustus. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mabes Polri pertama kali memperingati Hari Juang Polri nan ditetapkan jatuh pada tanggal 21 Agustus.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan perihal tersebut sesuai Keputusan Kapolri Nomor 95/1/2024 tentang Hari Juang Polri nan ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 22 Januari 2024.

Sandi menjelaskan tanggal 21 Agustus dipilih menjadi Hari Juang Polri sebagai pengingat peristiwa Proklamasi Polisi nan terjadi pada era kemerdekaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan saat itu Proklamasi Polisi dilakukan oleh Polisi Istimewa di bawah kepemimpinan Inspektur Polisi Kelas 1 Moehammad Jasin pada 21 Agustus 1945.

"Peristiwa berhistoris tanggal 21 Agustus 1945, tentang Proklamasi Polisi merupakan sikap cinta tanah air dan keberanian nan luar biasa dari seorang M. Yasin dan pasukannya nan berkeinginan menyatukan semangat dan patriotisme," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/8).

Sandi menambahkan kiprah M Yasin sebagai personil polisi juga tidak bisa dilepaskan dari peristiwa pertempuran 10 November 1945.

Ia menyebut pertempuran nan berjalan di Surabaya selama sebulan itu sangat mempengaruhi masyarakat untuk mempertahankan Kemerdekaan.

"Dengan Semangat Proklamasi Polisi 1945, Polri Siap Menyongsong Indonesia Emas 2045," ujarnya.

(tfq/vws)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional