Mahasiswa Kembali Demo Peringatan Darurat di Gedung DPR Jumat Sore

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 23 Agu 2024 15:46 WIB

Ratusan mahasiswa kembali demo 'peringatan darurat Indonesia' di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (23/8) sore. Mahasiswa kembali berunjuk rasa menolak pengesahan revisi UU Pilkada di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (23/8/2024). (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ratusan mahasiswa dari beragam kampus kembali menggelar demonstrasi di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (23/8) sore. Demonstrasi ini bagian dari aktivitas 'peringatan darurat Indonesia' nan viral di media sosial setelah DPR mengabaikan putusan MK.

Pantauan CNNIndonesia.com, ratusan mahasiswa ini di antaranya berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB) hingga Universitas Djuanda Bogor.

Massa membawa bendera hingga poster berisi tuntutan. "Kawal putusan MK" tulis salah satu poster.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Peringatan darurat" tulis salah satu bendera nan dibawa massa.

Sementara itu, arus lampau lintas di Jalan Gatot Subroto di depan Gedung DPR mulai tersendat dengan kehadiran mahasiswa ini.

Aksi dari beragam komponen masyarakat di beragam wilayah muncul sejak Kamis (22/8) lalu.

Aksi ini merupakan buntut sikap pemerintah dan DPR nan berupaya menganulir putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perubahan syarat pencalonan kepala daerah. RUU Pilkada nan dibahas DPR dinilai tak mengakomodasi putusan MK tersebut.

Kamis (22/8) malam, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengumumkan bahwa DPR batal menggelar sidang paripurna pengesahan revisi UU Pilkada lantaran syarat kuorum tidak terpenuhi.

Dasco juga mengatakan bahwa tidak cukup waktu untuk kembali menggelar paripurna, lantaran pendaftaran Pilkada 2024 bakal dimulai pada 27 Agustus mendatang, sehingga syarat pencalonan peserta pilkada nan digunakan bakal mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

(yoa/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional