Mahyedi-Vasko dan Epyardi-Ekos Dinyatakan KPU Sumbar Penuhi Syarat

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 14 Sep 2024 12:34 WIB

Mahyedi-Vasko Ruseimy dan Epyardi Asda-Ekos Albar dinyatakan memenuhi syarat sebagai cagub-cawagub Sumatera Barat 2024. Ilustrasi. Mahyedi-Vasko Ruseimy dan Epyardi Asda-Ekos Albar dinyatakan memenuhi syarat sebagai cagub-cawagub Sumatera Barat 2024. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Padang, CNN Indonesia --

KPU Sumatera Barat menetapkan dua pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada 2024 memenuhi syarat administrasi. Kedua pasangan tersebut adalah Mahyedi-Vasko Ruseimy dan Epyardi Asda-Ekos Albar.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar Ory Sativa Syakban mengatakan pihaknya telah melaksanakan verifikasi manajemen (vermin) terhadap berkas-berkas nan diserahkan kedua paslon.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sesuai tahapan, KPU Sumbar telah menetapkan hasil verifikasi manajemen terhadap syarat calon dimaksud. Kedua paslon memenuhi syarat administrasi. Hasilnya sudah kita sampaikan kepada nan berkepentingan dan Bawaslu," kata Ory dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (14/9).

Selanjutnya, masyarakat bisa memberikan tanggapan dan masukan untuk Mahyedi-Vasko Ruseimy dan Epyardi Asda-Ekos Albar. Tanggapan dan masukan bisa disampaikan melalui laman infopemilu.kpu.go.id.

"Pemberi tanggapan wajib mengisi info identitas diri dan memberikan masukan dan tanggapan mengenai apakah paslon mempunyai status norma sebagai mantan terpidana dan jenis tindak pidananya, hasil penelitian persyaratan calon, serta mengunggah arsip bukti penunjang nan relevan semenjak tanggal 15 hingga 18 September 2024," ujar Ory.

KPU Sumbar bakal menindaklanjuti tanggapan dan masukan masyarakat dan menjadikannya sebagai dasar dalam penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Menurut jadwal, penetapan pasangan calon kepala wilayah diumumkan pada 22 September 2024.

Mahyedi-Vasko didukung oleh koalisi PKS, Gerindra, Demokrat, dan Perindo. Sedangkan pasangan Epyardi Asda-Ekos Albar diusung PAN dan Golkar.

Mahyeldi saat ini tetap menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat, sementara Vasko Ruseimy adalah politisi Gerindra nan sekarang menjadi Staf Ahli Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Lalu, Epyardi Asda saat ini menjadi sebagai Bupati Solok dan Ekos Albar sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota Padang.

(ned/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional