Makan Bergizi Gratis, Wiranto Ikut Meninjau Mempersiapkan Produk Susu Ikan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto meninjau uji makan bergizi gratis di SDN Kleco 1 Solo, Jawa Tengah. “Saya datang ke Surakarta didampingi Pak Wali Kota, Pak Teguh, untuk mencoba memandang secara langsung uji coba makan bergizi cuma-cuma nan menjadi program Pak Prabowo dan Pak Gibran,” kata Wiranto di sela peninjauan di Solo, Kamis, 19 September 2024, dikutip Antara.

Menurut dia, uji coba makan bergizi cuma-cuma sudah dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia, antara lain di Tangerang, Cilegon, Salatiga, Surakarta, dan Tegal.

Serba-serbi Makan Bergizi Gratis

1. Susu Ikan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bakal membangun pabrik Hidrolisat Protein Ikan alias HPI di Pekalongan, Jawa Tengah.

Direktur Pengolahan KKP Widya Rusyanto mengatakan, pabrik HPI di Pekalongan bakal memproduksi 2 ton perbulan minuman susu protein. Ia juga menjelaskan, produksi nan dibuat sama seperti pabrik HPI di Indramayu, Jawa Barat.

"Kalau hasil sama (bubuk), volumenya nan berbeda, untuk volumenya di Pekalongan 2 ton per bulan," katanya, Rabu, 18 September 2024.

2. Dianggap Revolusi Tata Kelola Kesehatan

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Budi Sulistyo memganggap program makan bergizi cuma-cuma merupakan revolusi tata kelola kesehatan bagi masyarakat. "Di mana generasi Indonesia itu disiapkan asupan proteinnya, asupan gizinya, dan nutrisinya," kata Budi, Selasa, 17 September 2024.

3. Teknologi Hidrolisat Protein

Susu ikan dikembangkan dengan teknologi hidrolisat protein nan bisa mengolah ikan menjadi bubuk. Pendiri aktivitas Berikan Protein, Yogie Ary, mengatakan penemuan buatan anak bangsa itu bisa mengolah kandungan masam amino menjadi produk nan mudah dicerna tubuh. 

Iklan

"Proses nan semestinya di dalam tubuh, kita keluarkan di mesin. Akhirnya daya nan digunakan tubuh buat pecah enzim bisa dipakai tenaga lain,” kata Yogie, Selasa, 17 September 2024.

4. Dukungan KKP

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Budi Sulistyo mengatakan bakal mendorong susu ikan menjadi asupan menambah protein generasi mendatang. Susu ikan ini sebagai upaya mendukung program makan bergizi gratis.

Menurut dia, susu ikan dakam makan bergizi gratis, menjadi satu aktivitas mengurangi stunting di Indonesia. Pemberantasan stunting itu, dia menjelaskan, salah satu kebutuhan memenuhi kebutuhan protein masyarakat.

"Bagaimana kami mendorong sumber ikan sebagai sumber protein bangsa," kata Budi, Selasa, 17 September 2024.

5. Tidak Menggunakan Anggaran Bappenas

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional-Badan Perencanaan Pembangunan Nasional alias PPN-Bappenas, Suharso Monoarfa memastikan program makan bergizi cuma-cuma tidak menggunakan anggaran kementerian tersebut. Ia menyebut sudah ada anggaran tersendiri untuk program makan bergizi gratis.

“(Anggaran) Bappenas ya (untuk) Bappenas,” kata Suharso pada Selasa, 17 September 2024.

VEDRO IMANUEL G | IKHSAN RELIUBUN | M. RAIHAN MUZZAKI | IRSYAN HASYIM | ANTARA

Pilihan Editor: Wiranto Tinjau Uji Makan Bergizi Gratis di Solo: Perlu Perencanaan dari Sekarang

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis