Makan Siang Gratis: Ditanggapi Koperasi Warteg hingga Soal Bujet

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaPemerintah Kota Bandung berbareng Indonesia Food Security Review (IFSR) melakukan uji program  makan siang gratis bagi pelajar di enam sekolah di Kecamatan Arcamanik. Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, menyebut program tersebut bakal berjalan selama 90 hari mulai Juli hingga September 2024 dengan menyiapkan sebanyak 2.500 porsi tiap hari.

“Pemerintah sangat mengharapkan gimana kita bisa bekerja-sama dalam mempersiapkan anak-anak didik kita nan berbobot sehat jasmaninya sehat rohaninya dan sehat keuangannya," kata Hikmat, Senin, 13 Mei 2024, dikutip Antara.

Serba-serbi Makan Siang Gratis

1. Tanggapan Koperasi Warteg Nusantara

Ketua Koperasi Warteg Nusantara (Kowantara) Mukroni menanggapi soal kesempatan warung Tegal namalain warteg dilibatkan dalam program makan siang cuma-cuma  pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.  Mukroni mengatakan ada sejumlah tantangan nan kudu diatasi.. "Mungkin warteg-warteg perlu menambah stok bahan makanan, menambah staf, alias memperpanjang jam operasional," kata Mukroni, Senin, 13 Mei 2024.

2. Komunikasi TKN Prabowo-Gibran dan Bappenas

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas melibatkan Tim Kemenangan Nasional alias TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam pembahasan teknis program makan siang gratis. Anggota Dewan Pakar Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo mengatakan, sudah ada komunikasi antara TKN Prabowo-Gibran dan Bappenas.  "Iya sudah. Tapi, detailnya silakan ditanyakan ke Bappenas," kata Drajad, Jumat, 10 Mei 2024.

3. Lima Hari

Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman, mendorong pemerintah menyalurkan makan siang cuma-cuma sebanyak lima kali saban pelan kepada anak-anak secara rutin. Pernyataan itu disampaikan menanggapi Bappenas nan memperkirakan makan siang cuma-cuma bakal disalurkan 3-5 kali sepekan pada hari sekolah. 

"Kalau saya bisa menyarankan, ya sudah, lima hari saja. Senin sampai Jumat," kata Dicky saat dihubungi Tempo, Kamis, 9 Mei 2024.

Iklan

4. Tanggapan Gibran

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengatakan, rencananya bakal ada kementerian unik nan bertanggung jawab untuk menjalankan program makan siang cuma-cuma mendatang.  Gibran mengatakan, kementerian nan unik menangani makan siang cuma-cuma krusial mengingat program itu melibatkan anggaran nan besar, dan distribusinya juga tidak mudah.

“Karena melibatkan anggaran nan besar, distribusinya juga tidak mudah. Logistiknya juga tidak mudah, monitoringnya juga tidak mudah. Makanya kudu kita mau program ini betul-betul bisa berjalan,” jelasnya.

5. Bujet

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan (PMMK) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Amich Alhumami mengungkapkan, pemerintah telah menentukan bujet nan bakal diterapkan untuk program Prabowo-Gibran itu.  "Kami sudah menimbang dan menganalisis. Kira-kira Rp 20 ribu sampai Rp 21 ribu per anak," kata Amich kepada Tempo saat ditemui di kantornya, Selasa, 7 Mei 2024.

SAVERO ARISTIA WIENANTO | SEPTIAN RYANTHIE

Pilihan Editor: Pakar Minta Makan Siang Gratis Disediakan Rutin, Senin sampai Jumat

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis