Masa Jabatan Hampir Berakhir, Apa Rencana Sandiaga Uno Selanjutnya?

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Masa jabatan  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tersisa lima bulan lagi. Hal ini seiring habisnya periode pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Oktober mendatang.

Lantas, apa nan bakal dilakukan Sandiaga setelah masa jabatannya habis?

Sandiaga menuturkan, seusai menjadi Menparekraf, dia bakal mengambil jarak untuk beristirahat. “Napas dulu,” ujar Sandiaga ketika ditemui usai aktivitas The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin, 13 Mei 2024.

Selebihnya, Sandiaga membuka diri untuk berbincang dengan Menparekraf pengganti dirinya. Ia mengaku siap memberikan info maupun dukungan-dukungan lain selama dibutuhkan.

“Apapun bakal saya berikan. Tapi menteri nan baru pasti juga punya strategi dahsyat untuk maju di situasi turbulensi dari geopolitik dan perekonomian global,” ungkap Sandiaga. 

Kemudian, ihwal peluangnya maju lagi di pemilihan gubernur DKI Jakarta, Sandiaga mengatakan perihal itu bakal didiskusikan. Namun sementara ini, dia bakal konsentrasi menyelesaikan tugasnya di Kemenparekraf.

Lagipula,  PPP hanya mempunyai satu bangku di DPRD di DKI Jakarta. Sandiaga merasa tidak mungkin memaksakan kehendak. Dengan kondisi PPP saat ini, Sandiaga mengatakan PPP kemungkinan kudu mengikuti partai-partai besar.

Iklan

“Perlu 20 persen dari jumlah kursi. Saya pengalaman dari 2017 (saat maju berbareng Anies Baswedan)” ujar Sandiaga. “Pengalaman saya menang, jadi saya tahu gimana tahapan-tahapannya.”

Sebelumnya, pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan PPP tetap mempunyai kesempatan bagus andaikan beriktikad mengusung kadernya.  Menurut ia, nama Ketua Badan Pemenangan Pemilu PPP, Sandiaga Salahuddin Uno mempunyai potensi nan besar untuk disandingkan dengan nama-nama beken nan bakal maju di Pilkada Jakarta. 

"Elektabilitas Sandi tetap cukup besar untuk bersaing," kata Ujang.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PPP Achmad Baidowi mengatakan PPP belum menentukan sikap politik resmi apapun, termasuk dalam rencana mengusung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut ke palagan Pilkada Jakarta. "Semua tetap dinamis," ujarnya.

RIRI RAHAYU | ANDI ADAM FATURAHMAN

Pilihan Editor: Pabrik Sepatu Bata Gulung Tikar, Berikut Perjalanan Bisnisnya di Indonesia

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis