Mau Mengadu Nasib ke IKN? Pemerintah Buka 40.021 Formasi CPNS di IKN

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kabar-kabur dibukanya pendaftaran seleksi CPNS di Juli ini terkuak. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, buka bunyi untuk susunan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kata dia, pemerintah telah menetapkan susunan unik untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) nan bakal ditempatkan di IKN.

Pengumuman ini disampaikan usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada hari Senin, nan membahas persiapan pemindahan aparatur sipil negara namalain ASN ke IKN.

Menurut Azwar, untuk tahun 2024, sudah tersedia susunan sebanyak 130.341 CPNS di beragam lembaga pemerintah pusat. Di antaranya, terdapat 600 susunan unik untuk Otorita IKN dan 40.021 susunan untuk kementerian/lembaga nan bakal beraksi di IKN.

"Pemerintah memberikan afirmasi sebesar 5 persen untuk putra/putri terbaik Kalimantan dari total 40.021 susunan CPNS di IKN," ujar Azwar.

Dengan kata lain, ada 2.000 posisi nan diperuntukkan unik bagi putra/putri Kalimantan dalam susunan fresh graduate di IKN. Pengalokasian susunan ini dijadwalkan bakal dibuka pada bulan Juli-Agustus.

Iklan

Selain mengalokasikan susunan CPNS unik untuk IKN, pemerintah juga tengah menyiapkan skenario pemindahan ASN secara berjenjang dari Jakarta ke IKN. Azwar menambahkan bahwa bakal ada mutasi PNS dari pemerintah wilayah sekitar IKN nan bakal melalui seleksi terbuka dan kompetitif.

"Mutasi ini bermaksud agar ASN nan pindah alias dimutasi dari pemda sekitar Kalimantan adalah mereka nan mempunyai kualifikasi tinggi, talenta digital, dan keahlian multitasking. Mereka diharapkan bisa memberikan jasa sesuai dengan standar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," jelas Azwar.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan transisi ke IKN melangkah lancar dan diisi oleh sumber daya manusia nan kompeten dan siap menghadapi tantangan pemerintahan di era digital.

ANTARA
Pilihan editor: Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Juli 2024, Cek Jadwal dan Syarat Umumnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis