Media Asing Soroti Upacara HUT Kemerdekaan RI di Jakarta dan IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah media asing menyoroti upacara perdana Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun upacara tahun ini menjadi kali terakhir bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menjabat sebagai presiden RI dalam 10 tahun ke belakang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Media berbasis di Hong Kong, South China Morning Post (SCMP) menulis laporan berjudul "Ibu Kota Impian Indonesia nan Baru Dibangun Setengah, Nusantara, Menuju Proses Pembukaan," Sabtu (17/8).

Dalam laporan itu, SCMP mulanya menyoroti gimana sejumlah kontroversi telah menyelimuti ibu kota baru tersebut sejak rencana anggaran nan digelontorkan untuk pembangunannya senilai Rp466 triliun diumumkan lima tahun lalu.

"Sabtu itu, Presiden Joko Widodo bakal memberikan pratinjau rencana besarnya untuk menghapus 'bayang-bayang kolonial' nan menurutnya tetap menghantui ibu kota saat ini ketika IKN menjadi tuan rumah seremoni Hari Kemerdekaan Indonesia nan pertama di luar Jakarta nan penuh dengan polusi," demikian petikan laporan itu.

Di samping itu, SCMP juga menyoroti upacara tersebut menyajikan pernak-pernik kota modern nan canggih, termasuk mobil-mobil SUV mewah nan mengangkut para tamu VVIP ke Istana Kepresidenan nan baru saja dibangun.

"Yang semuanya dibiayai oleh para pembayar pajak senilai Rp87 miliar. Sekitar 1.300 tamu diperkirakan bakal hadir, lebih sedikit dari 8.000 tamu nan semula direncanakan, nan bakal diinapkan di bilik eksklusif di Swissotel nan baru saja dibangun dengan biaya Rp20 juta per malam," bunyi laporan itu lebih lanjut.

SCMP juga mengutip peneliti politik Centre for Strategic and International Studies (CSIC) Nicky Fahrizal nan menyebut bahwa upacara nan diselenggarakan di IKN bakal membantu mengiklankan ibu kota baru kepada para penanammodal global.

"Misi di kembali upacara Hari Kemerdekaan adalah untuk memastikan bahwa kalangan internasional tidak perlu takut untuk berinvestasi di sana," ujar Nicky.

Media nan berbasis di Malaysia, Selangor Journal, juga melaporkan perihal serupa.

Dalam laporannya, Selangor Journal menyoroti seremoni Kemerdekaan RI nan digelar di dua tempat sekaligus, ialah di IKN dan juga di Istana Merdeka di Jakarta.

"Upacara di Nusantara dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, didampingi oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin upacara di Jakarta, dengan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka di sisinya," tulis laporan tersebut.

Selangor Journal juga menulis bahwa sebanyak 1.000 personel tenaga kepolisian dan 2.000 personel TNI telah dikerahkan untuk memastikan keamanan seremoni tersebut.

Selain itu, instansi buletin lain nan berbasis di Malaysia, New Straits Times menuliskan laporan berjudul "Indonesia Rayakan Hari Kemerdekaan di Ibu Kota Masa Depan Nusantara".

Dalam laporan nan ditulis Sabtu (17/8) itu, mereka menyebut Indonesia menggelar seremoni Hari Kemerdekaan nan 'lebih sederhana' di IKN seiring pemerintah mempercepat penyelesaian pembangunan ibu kota baru tersebut untuk menggantikan Jakarta nan berpolusi.

"Megaproyek senilai US$32 miliar di Pulau Kalimantan ini diharapkan secara resmi menjadi ibu kota politik Indonesia pada Sabtu, namun penundaan bangunan dan masalah pendanaan memaksa Presiden Joko Widodo untuk menunda penandatanganan sebuah keputusan presiden nan menandai pemindahan tersebut," tulis laporan itu.

Mereka juga menyoroti Jokowi menghadiri upacara perdana di IKN itu berbareng para menteri kabinet dan petinggi militer dalam rangka berupaya meyakinkan para calon penanammodal bakal kepantasan megaproyek ini sebelum dia meninggalkan jabatannya setelah 10 tahun berkuasa.

"Ia adalah presiden pertama nan menghadiri upacara kenegaraan di ibu kota nan belum selesai dibangun itu," tulis New Straits Times dalam laporannya.

Mereka juga menulis bahwa para pemerhati lingkungan sempat memperingatkan agar pemerintah tidak membangun kota metropolitan di salah satu bentangan rimba hujan terbesar di dunia, nan merupakan rumah bagi orang utan hingga macan dahan.

(del/bac)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional