Megawati Tak Risau Ditinggal KIM Plus: Emang Kenapa Kalau Sendirian?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 22 Agu 2024 17:22 WIB

Megawati menegaskan tak masalah jika PDIP kudu sendirian melawan KIM plus. Megawati Soekarnoputri menegaskan tak masalah jika PDIP kudu sendirian melawan KIM plus. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku tak risau dengan manuver partai nan mau meninggalkan PDIP di Pilkada 2024. Ia menyatakan tak mau ambil pusing dengan langkah Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus, khususnya di DKI Jakarta.

"Saya kan dengar, Bu, sekarang partai lain bikin KIM Plus. Ya biarin saja, saya sih gitu saja. Terserah saja. Terus kita jadi sendirian. Emangnya kenapa jika kita sendirian?" Kata Mega dalam pidatonya kepada calon kepala wilayah PDIP di Jakarta, Kamis (22/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mega mengatakan tiap partai punya anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD ART) nan berbeda-beda. Ia menegaskan semua keputusan PDIP dibuat berasas AD ART.

"Dasarnya bagi saya adalah lantaran AD/ART juga agar tahu dulu. AD/ART kita enggak sama, sama nan lain juga gitu loh. Itu maksud saya kemandirian, jadi jika mereka mau kumpul ya terserah aja," tuturnya.

Di Jakarta, Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus telah menyatakan mengusung Ridwan Kamil-Suswono. Koalisi ini terdiri dari 12 partai.

Tujuh di antaranya merupakan partai pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Kini, PDIP tinggal sendirian. PDIP mendapat angin segar lewat putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 60 tentang perubahan periode pemisah pencalonan kepala daerah.

Namun, sehari setelah putusan MK, DPR dan pemerintah malah menyetujui revisi UU Pilkada. Putusan MK justru diabaikan.

Langkah DPR itu memancing gelombang demonstrasi masyarakat sipil. Mereka menolak pengesahan RUU Pilkada.

(thr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional