Menanti Tiket PKB, PKS, NasDem untuk Anies Maju Cagub DKI Lagi

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah partai politik mempertimbangkan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024.

Beberapa parpol nan sudah memberikan sinyal support terhadap Anies ialah PKB, PKS dan NasDem.

Pengurus PKB, PKS dan NasDem tingkat provinsi DKI Jakarta sudah mengusulkan Anies ke level pusat. Nantinya, majelis ketua pusat masing-masing partai nan memutuskan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pertama kali mengumumkan dukungannya tak lama setelah Anies dinyatakan kalah di Pilpres 2024.

DPW PKS DKI Jakarta mengusulkan nama Anies dan beberapa tokoh lainnya ke DPP pada bulan Mei lalu. Kala itu diumumkan oleh Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin pada 23 Mei.

Selain Anies, PKS DKI Jakarta juga mengusulkan Mardani Ali Sera serta Sohibul Iman. Dua nama nan disebut terakhir merupakan kader PKS.

"Keputusan DPW PKS DKI mengusulkan ke DPP seperti itu, kewenangan DPP menerima alias menolak," ucap Khoirudin.

Terbaru, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan DPP masih mengkaji usulan dari pengurus DKI Jakarta.

"Keputusan akhir kelak rekomendasi dari DPP dan semuanya tetap dalam penggodokan, tapi DPW PKS sudah menyampaikan usulannya dan DPP tetap membahas," kata Hidayat Nur Wahid.

Anies calon tunggal PKB

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta mengumumkan pada 12 Juni lalu. Mereka membawa nama Anies ke DPP PKB sebagai satu-satunya rekomendasi untuk dipertimbangkan.

"PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal, ialah untuk mencalonkan di 2024-2029, Desk Pilkada Gubernur DKI Jakarta," ucap Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas.

Dia menjelaskan bahwa keputusan PKB Jakarta itu diambil melalui rapat kerja pengurus pada 8-9 Juni. Setelah itu diajukan ke DPP PKB.

Anies Baswedan menyambut baik. Dia menerima dan siap maju menjadi calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024.

Akan tetapi, tiket dari PKB tetap belum pasti. Petinggi DPP PKB Daniel Johan menyampaikan bahwa usulan bakal dipertimbangkan. Meski hanya satu nama nan diajukan, Daniel mengatakan tetap ada proses uji kepantasan dan kepatutan.

NasDem punya 3 kandidat

DPW Partai NasDem DKI Jakarta mengumumkan kepada publik pada 17 Juni tentang tokoh nan diajukan ke DPP untuk diusung sebagai calon gubernur Jakarta.

Tiga nama itu antara lain Anies Baswedan, Ahmad Sahroni dan Wibi Andriano. Dua nama nan disebut terakhir merupakan kader NasDem.

Sekjen DPP Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan rapat pleno sudah dilakukan oleh pengurus Provinsi Jakarta untuk menentukan tiga nama.

"Pleno DPW DKI berbareng Bappilu sudah menominasikan tiga nama: Anies, Sahroni dan Wibi Andrino," kata Hermawi saat dikonfirmasi, Senin (17/6).

Ahmad Sahroni merupakan bendaharawan umum DPP Partai NasDem. Saat ini juga tetap menjabat sebagai personil DPR RI. Dia dipercaya sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR.

Wibi Andriano adalah Ketua DPW NasDem Jakarta. Dia berasosiasi sejak NasDem pertama kali ikut pemilu pada 2014 lalu.

(yla/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional