Mendagri Tito Bakal Ganti Pj Gubernur yang Maju Pilkada 2024 pada Juli

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 10 Jun 2024 16:56 WIB

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengaku bakal mengganti penjabat kepala wilayah nan hendak maju di Pilkada 2024 pada pertengahan Juli mendatang. Mendagri Tito Karnavian mengaku bakal mengganti penjabat-penjabat kepala wilayah nan mau maju di Pilkada 2024 pada Juli mendatang. (Dok. Kemendagri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan bakal mengganti penjabat kepala wilayah nan hendak maju di Pilkada 2024 pada pertengahan Juli mendatang.

Hal itu disampaikannya dalam rapat dengan Komisi II DPR di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (10/6).

"Kami sudah sampaikan kemungkinan besar pertengahan Juli nan mau running, dia kudu kita ganti. Dan, itu enggak ada patokan UU-nya, tapi kami nan ambil kebijakan lantaran ada bahasa sebelum satu tahun," kata Tito dalam rapat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tito mengaku takkan menghalangi para penjabat nan hendak maju di pilkada nanti. Namun dia menekankan ada patokan nan wajib diikuti nanti.

Ia mengatakan telah mengeluarkan surat info ke seluruh penjabat kepala daerah, nan isinya Tito meminta kepada para Pj kepala wilayah nan mau mencalonkan diri di Pilkada 2024 agar menginformasikannya ke Kemendagri.

Tito menjelaskan Kemendagri memerlukan waktu sekitar satu bulan untuk mempersiapkan sosok pengganti sebagai penjabat kepala daerah.

Ia menyebut proses pengisian posisi penjabat itu bakal dimulai lagi dari awal, Kemendagri pun enggan asal menunjuk pengganti.

"Kita kudu kirim surat lagi ke DPRD-nya, ke Pj Gubernur alias gubernurnya untuk mengirimkan nama-nama lagi," ucap eks Kapolri itu.

Tito menyatakan dia menerapkan kebijakan itu lantaran tak mau para penjabat kepala wilayah nan maju di Pilkada 2024 kelak bakal menggunakan fasilitasnya sebagai penjabat untuk berkampanye.

Ia menekankan kebijakan itu diambil guna menekan potensi bentrok kepentingan nan bisa saja terjadi ke depan.

(mnf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional