Mendagri Tito Respons soal Bupati Kalsel Sahbirin Jadi Tersangka KPK

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 09 Okt 2024 15:09 WIB

Kemungkinan nan bakal ditunjuk jadi Plt Gubernur saat Sahbirin jadi tersangka KPK adalah Sekda Kalsel. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Dok. Kemendagri)

Denpasar, CNN Indonesia --

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian merespons soal Gubernur Kalimantan Selatan,Sahbirin Noor alias yang terkait kasus dugaan penerimaan bingkisan alias janji oleh penyelenggara negara alias nan mewakilinya di Provinsi Kalsel tahun 2024-2025.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Sahbirin Noor sebagai salah satu tersangka, namun dia belum ditangkap.

Mendagri Tito mengatakan belum ada pembahasan soal pengganti Sahbirin Noor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Belum. Saya sudah membaca berita, saya meminta kepada Sekjen [Kemendagri] saya untuk koordinasi dengan KPK, apakah nan berkepentingan sudah menjadi tersangka alias tidak," kata dia, di Hotel Meru, Kota Denpasar, Bali, Rabu (9/10).

Ia menyebut jika Sahbirin Noor jika sudah ditetapkan menjadi tersangka maka digantikan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Muhidin. Tetapi, Muhidin tengah libur mengikuti konstelasi Pemilihan Gubernur 2024, sehingga bangku gubernur sementara bakal diisi Sekretaris Daerah (Sekda).

"Kalau belum menjadi tersangka iya otomatis silakan saja tetap menjabat terus. Tapi jika seandainya dijadikan tersangka, maka otomatis wakilnya (tapi) sedang ikut running jadi pilkada, otomatis Sekda-nya jadi Plh. Tapi, kita belum tahu pastinya, kita tidak mau tahu dari media tapi tahu (dari) KPK langsung, hari ini Sekjen (saya) ke sana," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi.

Kasus ini terbongkar melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) nan dilakukan tim KPK pada Minggu (6/10) lalu.

"Pimpinan KPK beserta jejeran penindakan telah melakukan pembeberan pada hari Ahad sekitar pukul 10 malam," ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam bertemu pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (8/10) petang.

(kdf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional