Menkes: Perundungan di Undip Sudah Keterlaluan, Ada Pelecehan Seksual

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 02 Sep 2024 16:49 WIB

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut perundungan di PPDS Undip sudah keterlaluan. Selain perundungan fisik, pemerasan, juga ada pelecehan seksual. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (CNNIndonesia/KhairaUmmah)

Denpasar, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menanggapi kasus perundungan nan dialami oleh master Aulia Risma Lestari, mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, nan meninggal lantaran bunuh diri.

Menkes Budi mengatakan bahwa praktik-praktik perundungan itu sudah terjadi puluhan tahun di Undip dan tidak bisa diselesaikan secara tuntas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Perundungan ini sudah puluhan tahun, tidak pernah bisa diselesaikan secara tuntas, lantaran memang kurang komitmen dari para stakeholder. Nah, kemarin, saya sendiri sejak menjabat ini kali ketiga (kasus perundungan)," kata dia, usai meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak nan berlokasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah, Kota Denpasar, Bali, Senin (2/9) sore.

Budi menolak dugaan bahwa perundungan bisa menghasilkan tenaga kerja nan tangguh.

"Saya meminta agar ini dihilangkan, banyak profesi-profesi lain nan perlu tangguh. Kan, (perundungan) selalu dibilang biar tangguh. Iya, TNI dan Polri juga kurang handal apa ya? Pilot juga bentuk kudu handal dan mereka bisa dilatih tanpa perundungan," imbuhnya.

Menurut Budi perundungan nan dilakukan di Undip sudah keterlaluan. Sebab, korban selain dirundung secara bentuk dan mental juga diminta uang.

"Perundungan ini sudah keterlaluan dan itu betul-betul dirundung secara bentuk dan mental. Kemudian ada sexual harrasment juga, diminta duit juga, nan menurut
saya sudah keterlaluan dan puncaknya pada saat kemarin akhirnya ada nan tidak tahan, hasilnya meninggal," ujarnya.

"Menurut saya ini sudah keterlaluan, lah, dan sudah saatnya praktik-praktik seperti ini tidak ada lagi di bumi pendidikan apalagi di master ahli kita," ujarnya.

Dokter Aulia Risma Lestari meninggal bumi di bilik kosnya diduga lantaran menyuntikkan obat bius secara berlebihan pada tubuhnya. Ada dugaan kuat tindakan master PPDS Fakultas Kedokteran Undip tersebut dipicu kasus perundungan nan dialaminya.

(kdf/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional