Menpora: Makanan Atlet PON dari Hotel, Nasi Kotak untuk Panitia

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Medan, CNN Indonesia --

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menjelaskan soal polemik makanan atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Ia mengatakan makanan untuk para atlet disediakan oleh hotel tempat mereka menginap.

"Kalau atlet, itu fullboard di hotel masing-masing. Kalau pagi prasmanan, jika siang dikirim ke venue oleh pihak hotel. Dan jika malam prasmanan di hotel lagi," ujar Dito saat berjamu ke Akademi Pariwisata Medan, Jalan RS Haji Medan, Sumatera Utara, Jumat (13/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dito menuturkan makanan nan disediakan pihak hotel untuk para atlet sudah diperhitungkan dengan baik. Kalori dan nutrisi sesuai standar kesehatan serta kebutuhan atlet.

Sementara itu, makanan nan disediakan dalam kotak merupakan konsumsi untuk panitia hingga perangkat pertandingan. Ia pun menegaskan nasi kotak nan disediakan sudah layak dan sesuai standar.

"Ini unik untuk penyelenggara ya, panitia pelaksana, LO, dan seluruh perangkat pertandingan. Bukan untuk atlet," jelas Dito.

"Kalorinya sudah dihitung mahir gizi. Karena hitungan kalorinya, manusia itu butuh 3.000 kalori. Nasi kotak warna coklat ini sudah mantap," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Dito mengingatkan penanggungjawab konsumsi untuk memastikan pengedaran makanan untuk atlet dan perangkat pertandingan PON XXI tak terkendala.

Ia juga mengatakan bakal mendalami info nan menyebut makanan untuk atlet PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh tidak layak.

"Ini kudu menjadi konsentrasi utama. Distribusi jangan sampai telat, timing-nya sangat krusial agar sampai ke letak tepat waktu," kata Dito.

"Setiap pihak nan menyebarkan informasi, kita bakal melakukan pendalaman untuk memastikan info tersebut betul dan absah, alias ada tujuan tertentu," ucap politisi Golkar itu.

Sekretaris Bidang Konsumsi PB PON XXI Wilayah Sumut Masran Munthe mengatakan pihaknya menyediakan 11.000 nasi kotak untuk perangkat pertandingan PON XXI di Sumut. Ia memastikan konsumsi diterima tepat waktu.

Munthe juga menegaskan pihaknya selalu memastikan menu nan disiapkan, enak, layak, dan sehat.

"Bidang konsumsi PON XXI di Sumut berupaya tidak mengecewakan perangkat pertandingan. Ini tugas kita," katanya.

(fnr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional