Mentan Ajak Investor Vietnam Tinjau Calon Lahan Industri Susu Program Makan Bergizi Gratis Prabowo

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman membujuk perwakilan TH Group, penanammodal asal Vietnam, meninjau area Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Badan Bank Tanah di Lembah Napu, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah kemarin. Lahan ini nantinya bakal jadi letak industri sapi perah untuk mendukung penyediaan susu di program unggulan Prabowo Subianto, Makan Bergizi Gratis.

Lawatan nan turut didampingi perwakilan Bank Tanah tersebut dilakukan untuk memastikan letak sesuai kriteria investasi. Mentan Amran mengatakan dapat penugasan dari presiden dan penanammodal pun  tertarik untuk menanamkan modal di sana. “Kami mendapatkan pengarahan dari Presiden dan Presiden terpilih membangun peternakan dairy cattle untuk produksi susu di sini" ujarnya lewat keterangan resmi, Kamis 26 September 2024.

Rencana investasi ini merupakan kelanjutan kerja sama dari hasil kunjungan Mentan Amran beberapa waktu lampau ke Vietnam. Bila investasi ini melangkah baik serta kebutuhan lahan terpenuhi, diproyeksikan dalam 3 sampai 5 tahun ke depan dapat memproduksi 1,8 juta ton susu per tahun. Artinya, Amran menambahkan, ini separuh dari total kita impor 3,7 juta ton susu per tahun. Sehingga dia memohon ke seluruh masyarakat Poso, Sulawesi Tengah, untuk mengawal rencana tersebut dengan baik.

Deputi Bidang Perencanaan Strategis dan Pengadaan Tanah Badan Bank Tanah, Perdananto Aribowo mendukung rencana tersebut. “Dari sisi Badan Bank Tanah, kami siapkan karpet merah melalui penyediaan lahan dengan kriteria nan sangat baik untuk rencana investasi pembangunan industri sapi perah ini,” ujarnya.

Iklan

HPL Badan Bank Tanah di Lembah Napu, Kabupaten Poso dianggap memenuhi beberapa kriteria nan dibutuhkan. Perdananto menambahkan lahan dalam kondisi clean & clear, selain itu, prasarana jalur logistik juga cukup memadai. Ditambah letak geografisnya cukup terjangkau ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Badan Bank Tanah mempunyai aset persediaan lahan di Lembah Napu, Poso seluas 6.647 hektare. Dari luasan tersebut, seluas 1.550 hektare telah disediakan untuk reforma agraria di atas HPL Badan Bank Tanah. Lahan tersebut juga berada di atas ketinggian 1100 MDPL, sehingga wilayah tersebut cocok untuk peternakan, perkebunan, pertanian dan lainnya.

Pilihan Editor: Bandara IKN Dinilai Tak Layak untuk Penerbangan Komersial, Ini Sebabnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis