Mochtar Kusumaatmadja Dianugerahi Lifetime Achievement Award

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandung, CNN Indonesia --

Prof Mochtar Kusumaatmadja dianugerahi Lifetime Achievement Award yaitu Outstanding Dedication Towards Indonesia Through Soft Power Diplomacy dalam arena CNN Indonesia Awards 2024.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Chairman CT Corp Chairul Tanjung kepada family mendiang dalam malam puncak nan berjalan di Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat, Selasa (17/9) malam.

Mochtar lahir di Batavia (sekarang Jakarta) pada 17 Februari 1929. Ia mengawali kariernya di bagian norma dengan mengajar di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran pada 1959.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sejak menjadi dosen, namanya tak dapat dipisahkan dari pengembangan pendidikan norma di Indonesia. Di bagian keilmuan, Mochtar merupakan master norma laut dan internasional.

Ia menjadi Guru Besar Fakultas Hukum Unpad sejak 1970, dan kemudian diangkat sebagai rektor pada 1973-1974.

Masa jabatannya sebagai Rektor terbilang singkat. Pasalnya, Presiden ke-2 Soeharto pada 1974 mengangkatnya sebagai Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II pada 1974-1978 lampau Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III dan IV pada 1978-1988.

Mochtar muda berbareng pamannya pernah berbisnis dari pintu ke pintu menawarkan makanan unik Cirebon. Bahkan, dia juga pernah menggelar layar tancap keliling kampung.

Lulus SMA, Mochtar mendapat danasiwa ke Yale University di Amerika Serikat (AS). Ia dikenal sebagai orang nan mempunyai banyak bakat, dapat menyelesaikan masalah sendiri dengan cepat.

Salah satu torehan terbesar Mochtar bagi Tanah Air adalah gagasannya mengenai wawasan nusantara, ialah pendapat pemisah teritorial laut Indonesia pada 1957 melalui deklarasi Djuanda nan kemudian diakui konstitusi internasional di tingkat PBB pada 1982 dalam konvensi norma laut UNCLOS.

Perjuangan 25 tahun tersebut merupakan peran krusial seorang Mochtar Kusumaatmadja dalam memperjuangkan pengakuan Indonesia sebagai negara kepulauan di tingkat internasional.

UNCLOS 1982 merupakan keberhasilan Indonesia memperoleh wilayah perairan tanpa mengangkat senjata sehingga perairan pedalaman tak lagi terpecah, namun semakin utuh sebagai negara kesatuan Republik Indonesia lantaran menjadi landasan negara dalam menentukan pemisah teritorial wilayah serta upaya merajut semangat kebangsaan dalam menciptakan ketahanan nasional.

Mochtar juga merupakan diplomat ulung nan kerap mengenalkan gambaran budaya Indonesia di luar negeri, sehingga terbuka pemahaman nan lebih baik tentang masyarakat Indonesia dan terciptanya kerja sama pembangunan Indonesia lewat hubungan pariwisata, penanaman modal serta ekspor non migas.

Semasa hidupnya, Mochtar pernah menjabat menteri kehakiman nan mempunyai kontribusi krusial dalam penanganan bentrok di Kamboja, menjadi Guru Besar National University of Singapore serta mengembangkan sistem norma modern di Indonesia.

Ia juga dikenal mempunyai dedikasi tinggi terhadap Indonesia. Namun, dia juga mengerti beragam kepentingan negara lain dan selalu mengedepankan soft power diplomacy.

CNN Indonesia Awards Jabar mengangkat tema "Jawa Barat Menyala untuk Indonesia Maju".

CNN Indonesia Awards diadakan sebagai apresiasi dan dorongan bagi wilayah dan private sector nan telah menerapkan good governance dalam penyelenggaraan pemerintahan wilayah dan praktik bisnis, agar dapat menjadi contoh serta inspirasi bagi wilayah lain.

Acara puncak turut dihadiri Jaksa Agung St Burhanuddin, Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari, dan beberapa tokoh serta pejabat lain.

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards pertama telah digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Maret 2024. Dilanjutkan arena kedua nan dihelat di Denpasar, Bali pada Mei 2024.

Kemudian di Palembang, Sumatra Selatan pada Juli 2024. Lalu di Medan, Sumatra Utara pada 9 Agustus 2024. Dan terakhir di Semarang, Jawa Tengah pada 14 Agustus 2024.

(del/vws)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional