Momen Kembalinya Bendera Pusaka ke Monas Usai Dikibarkan di IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 31 Agu 2024 17:24 WIB

Duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi itu kembali dibawa ke Jakarta setelah dipakai untuk upacara HUT RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus lalu. Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi telah tiba di Jakarta dan kembali di Monuman Nasional (Monas), Sabtu (31/8). (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)

Jakarta, CNN Indonesia --

Duplikat Bendera Merah Putih dan teks proklamasi telah tiba di Jakarta dan kembali di Monuman Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (31/8) sore.

Duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi itu kembali dibawa ke Jakarta setelah dipakai untuk upacara HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus lalu.

Prosesi kirab membawa salinan Bendera Pusaka Merah Putih ini tiba di area Monas di Jakarta Pusat sekitar pukul 16.00 WIB.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan pantauan, iring-iringan diawali kirab irama (marching band) dari akademi kepolisian dan militer, disusul pasukan berkuda Detasemen Kavaleri Berkuda TNI AD.

Di belakangnya, ada personil paskibraka nan membawa bendera pusaka dan teks proklamasi mengendarai kendaraan taktis Pindad Maung.

Iring-iringan kemudian berakhir di depan pintu cangkir Monas. Setelahnya, dua personil paskibraka nan membawa bendera pusaka dan teks proklamasi masuk ke dalam cangkir Monas.

Di dalam cangkir Monas, kedua barang itu kemudian diserahkan kepada Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono untuk selanjutnya kembali disimpan di sana.

Prosesi kirab ini turut menyedot perhatian penduduk Jakarta. Mereka memadati area Monas untuk menyaksikan proses kirab pengembalian bendera pusaka dan teks proklamasi tersebut.

(dis/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional