MPR Pastikan Pelantikan Prabowo Presiden Digelar di Jakarta, Bukan IKN

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 28 Jun 2024 14:37 WIB

MPR memastikan pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden pada Oktober mendatang bakal digelar di Jakarta, bukan di IKN. MPR memastikan pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden bakal digelar di Jakarta, bukan di IKN (REUTERS/WILLY KURNIAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani menyebut prosesi pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden Indonesia 2024-2029 bakal digelar di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

Muzani memastikan pelantikan tidak digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Oktober mendatang.

"Pokoknya pelantikan di Senayan," kata Muzani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Acara kenegaraan nan bakal dihelat di IKN pada tahun ini adalah peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Muzani menyebut Prabowo bakal dipastikan menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 di sana. Selain Prabowo, sejumlah ketua MPR juga bakal mengikuti upacara di IKN.

"Yang pimpin Pak Jokowi, ya pokoknya Pak Prabowo Insya Allah ke IKN," ujarnya.

Acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden bakal digelar pada 20 Oktober 2024. Keduanya sekarang sudah berstatus presiden dan wakil presiden terpilih setelah dinyatakan memenangkan Pemilihan Presiden 2024.

Prabowo-Gibran menang usai unggul di 36 dari 38 provinsi dalam Pilpres 2024. Mereka meraih total 96.214.691 suara. Prabowo-Gibran hanya kalah di dua provinsi, ialah Aceh dan Sumatera Barat.

Mahkamah Konstitusi juga menolak gugatan sengketa nan diajukan kubu Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin. Keputusan MK itu sekaligus mengatakan hasil penghitungan bunyi nan dilakukan oleh KPU.

(khr/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional