Mubes Ulama Akan Keliling Daerah Dorong Muktamar Luar Biasa PBNU

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Musyawarah Besar (Mubes) Alim Ulama nan mendorong pelaksanaan Muktamar Luar Biasa (MLB) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), segera membentuk presidium di daerah-daerah.

Hal itu dikatakan Juru Bicara Mubes Alim Ulama NU, KH Abdussalam Shohib alias Gus Salam.

"Terdekat kita bakal keliling ke wilayah-wilayah, lantaran banyak permintaan untuk membentuk presidium di daerah-daerah," kata Gus Salam saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Minggu (15/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gus Salam mengatakan, saat ini sudah ada sejumlah PCNU dan PWNU nan mendukung langkah MLB itu. Namun dia belum bisa mengungkap jumlahnya.

Alasan Gus Salam, ada pihak-pihak nan menekan PCNU dan PWNU nan mendukung MLB tersebut.

"Hampir merata di semua wilayah. Untuk PWNU & PCNU belum bisa kami buka sekarang, lantaran bagian dari strategi dan menjaga kerahasiaan, lantaran semua PCNU hari mendapat tekanan," katanya.

Gus Salam pun menargetkan pihaknya menggelar Pra-MLB pada Oktober 2024 mendatang. Dari aktivitas itu mereka bakal menentukan waktu dan tempat gelaran MLB.

"Mungkin awal Oktober kita menggelar Pra-MLB, dari hasil pertemuan baru kita tentukan kapan dan tempat MLB," ucapnya.

Ia pun berharap, MLB PBNU bisa digelar tahun ini. Mereka bakal menjalin komunikasi secara tertutup hingga waktunya tepat.

"Semoga MLB bisa dilakukan sebelum pergantian tahun, kepastiannya menunggu Pra-MLB. Kita terus komunikasi secara tertutup. Insya Allah ketika sudah waktunya, PW dan PC bakal siap datang di MLB," kata dia.

Sebelumnya Gus Salam mengeklaim sebanyak 200 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan 18 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) di seluruh Indonesia, disebut menyampaikan kegelisahan dan keresahan tentang PBNU.

Keresahan itu mereka sampaikan kepada para perwakilan ustadz nan datang di Musyawarah Besar (Mubes) Alim Ulama, di Bangkalan, Jawa Timur, Minggu (18/8).

"Ada 200 PCNU 18 PWNU nan sudah menyampaikan kegelisahan dan keresahan kepada peserta Mubes terhadap kebijakan dan statement PBNU," kata Juru Bicara Mubes Alim Ulama KH Abdussalam Shohib (Gus Salam) saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Senin (19/8).

(frd/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional