NasDem Ajak Partai Lain Usung Ilham Habibie di Pilkada Jabar

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 06 Jun 2024 17:41 WIB

NasDem berambisi mencapai kesepahaman dan membentuk koalisi strategis untuk mengusung Ilham Habibie sebagai calon kepala wilayah di Pilkada Jabar 2024. Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa membujuk sejumlah partai politik lain ikut mengusung anak Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Habibie sebagai calon gubernur alias wakil gubernur di Pilkada Jawa Barat 2024. (CNN Indonesia/Muhammad Naufal)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa membujuk sejumlah partai politik lain ikut mengusung anak Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Habibie sebagai calon gubernur alias wakil gubernur di Pilkada Jawa Barat 2024.

"Kita berkomunikasi dengan PKS, kita juga berkomunikasi dengan PKB, kita juga berkomunikasi dengan Gerindra dan nan lain-lain, Demokrat semua," kata Saan di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saan mengatakan bakal membangun koalisi strategis dalam menghadapi Pilkada Jawa Barat nanti.

Ia berambisi komunikasi nan kian intens itu bakal mencapai kesepahaman dan membentuk koalisi strategis untuk mengusung Ilham Habibie sebagai calon kepala daerah.

Pada hari ini NasDem menyerahkan rekomendasi ke Ilham Habibie untuk diusung sebagai bakal calon gubernur alias wakil gubernur di Pilkada Jabar 2024.

Saan mengatakan banyak pertimbangan kenapa NasDem memberikan rekomendasi itu ke Habibie. Pertama, ayahanda Ilham, B.J. Habibie mempunyai jasa nan sangat besar bagi masyarakat Jawa Barat.

Kemudian, Jabar juga merupakan provinsi strategis tempat di mana industri strategis tumbuh.

"Dan Pak Ilham punya kompetensi untuk itu," kata Saan.

Ilham merupakan putra pertama Habibie dan Hasri Ainun. Ia lahir pada 16 Mei 1963 silam. Selayaknya Habibie, Ilham juga master penerbangan lulusan Jerman.

Ilham menghabiskan masa sekolahnya dari dasar hingga perguruan tinggi di Jerman. Ilham memulai sekolah di Elementary School Windmuehlenweg, High School Hochrad, Technical University of Munich, Jerman.

Kini, dia menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina The Habibie Center dan dipercaya sebagai Ketua Dewan Pakar ICMI periode 2021-2026. Ilham juga pernah menjabat sebagai Ketua Presidium ICMI tahun 2010-2015.

NasDem mendapat 8 bangku di DPRD Jabar 2024-2029. Partai besutan Surya Paloh itu kudu berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan cagub-cawagub Jabar di Pilkada 2024.

(mnf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional