Ngabalin soal Mega Sebut KPK Diobrak-abrik Kekuasaan: Bisa Jadi Fitnah

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 03 Agu 2024 00:55 WIB

Ali Mochtar Ngabalin tepis dugaan Ketum PDIP Megawati bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah diobrak-abrik kekuasaan di era Presiden Jokowi. Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menepis dugaan mengenai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nan sudah diobrak-abrik kekuasaan di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bantahan itu Ngabalin sampaikan menanggapi pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bahwa anak buahnya kerap dijadikan sasaran norma sehingga menurutnya perangkat norma saat ini sudah dimainkan oleh penguasa.

"Bukan saja tidak benar, tapi itu bisa kelak menimbulkan tuduhan baru dan tidak bagus dalam memberikan edukasi kepada publik. Dan saya percaya bahwa Mama Mega adalah seorang negarawan nan kita tidak ragu kapasitasnya," kata Ngabalin di Gedung Krida Bhakti, Jakarta, Jumat (2/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ngabalin menyebut KPK merupakan lembaga penegakan norma di Indonesia nan memang tidak bisa diintervensi kekuasaan. Bahkan Presiden Jokowi menurutnya telah memberikan perhatian lebih pada kasus korupsi dan mengategorikan sebagai kejahatan luar biasa.

Oleh karena itu, Ngabalin meminta masyarakat mendukung sejumlah pihak nan sudah diamanatkan untuk menangani tindak pidana korupsi.

"Kalau hari ini ada tokoh tertentu nan sedang diperiksa alias kudu menghadapi tuntutan dan perintah regulasi, mari kita kudu legowo," ujar Ngabalin.

Sebab Ngabalin percaya KPK bakal bekerja sebagaimana marwahnya. Ia meminta agar masyarakat mempercayakan seutuhnya penegakan dalam tindak pidana korupsi kepada lembaga antirasuah itu.

"Jangan pernah ada orang nan mengintervensi kekuasaan hukum, langkah-langkah nan dilakukan oleh KPK," imbuhnya.

Megawati Soekarnoputri belakangan menyinggung kinerja KPK saat memberi pengarahan di aktivitas pelantikan pengurus DPP PDIP nan diperpanjang hingga 2025 di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (5/7) lalu.

Mega merasa anak buahnya kerap menjadi sasaran kasus hukum. Ia pun menduga dirinya juga bakal menjadi sasaran setelah pemeriksaan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Presiden RI ke-5 itu pun mengaku tak takut dan bakal mengerahkan seluruh mahir hukum. Mega kemudian menyebut KPK sekarang seakan telah diobrak-abrik oleh kekuasaan.

(khr/wiw)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional