Optimistis Belanja Warga RI Tinggi, Sri Mulyani Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di Atas 5 Persen Tahun Ini

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen tahun ini. Pada kuartal I ekonomi RI tumbuh 5,11 persen secara tahunan alias year on year (yoy).

Optimistis tersebut muncul lantaran bendaharawan negara itu menilai konsumsi dalam negeri tetap bakal tumbuh. “Ke depannya kita lihat peningkatan aktivitas domestik sampai akhir 2024,” ujar Sri Mulyani dalam konfrensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Kantor LPS, Jakarta, Jumat, 2 Agustus 2024.

Dari sisi fiskal, dia berujar, pada akhir tahun alias November bakal ada pemilihan umum kepala wilayah alias pemilukada serentak. Sama seperti siklus Pemilu pada Februari lalu, Sri Mulyani percaya kali ini pasti bakal menimbulkan akibat positif pula terhadap aktivitas shopping warga.

Selain jumlah belanja Pemilu dari KPU dan Bawaslu, aktivitas konsumsi diperkirakan bakal mendapat imbas positif juga. Kepercayaan juga menguat dari sisi investasi domestik. “Kita tetap memperkirakan menguat sejalan dengan penyelesaian beragam proyek-proyek nasional, seperti infrastuktur nan percepatan penyelesaiannya terus terjaga,” kata dia lagi.

Investasi swasta, baik penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN), diproyeksikan tetap bakal terjaga. Hal ini dianggap bakal memengaruhi konsumsi dan suasana investasi dalam negeri sampai akhir tahun.

Iklan

Dari sisi fiskal, APBN 2024 terutamai shopping pemerintah, bakal terus difokuskan untuk menjaga stabilitas harga. Menurut Menkeu, ini bakal sangat menentukan daya beli masyrakat. Seperti diketahui, konsumsi selama ini menjadi motor krusial dalam pertumbuhan ekonomi RI. “Kita juga jaga program perlinsos (perlindungan sosial), dengan demikian kita berambisi akibat terhadap daya beli dan konsumsi masyarakat tetap dijaga,” ujar Sri Mulyani.

Pada kuartal II tahun ini ekonomi diproyeksi tumbuh di kisaran 5,0 persen. Sementara secara keseluruhan, Sri Mulyani memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 di kisaran 5,0-5,2 persen

Pilihan Editor: BI Respons Sinyal Penurunan Suku Bunga The Fed September

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis