Otorita IKN Gelar Acara Nusantara TNI Fun Run, Diikuti Ribuan Peserta

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyelenggarakan aktivitas Nusantara TNI Fun Run sebagai bagian dari seremoni Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Ahad, 6 Oktober 2024. Agenda ini diikuti oleh 3.182 peserta nan berasal dari sekitar IKN, seperti Penajam Paser Utaram Balikpapan, dan Samarinda, serta beberapa wilayah lain di Indonesia. 

Agenda fun run ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 6.00 WITA di depan Istana Negara. Adapun para peserta bakal berlari sejauh 5 kilometer dengan rute lari nan mengelilingi beberapa landmark Nusantara seperti Jalan Grande, Kantor Kemenko, Plaza Seremoni, Rumah Sakit Kemenkes, dan Taman Kusuma Bangsa.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmi membuka Nusantara TNI Fun Run 2024,” ucap Joko Widodo dalam membuka Nusantara TNI Fun Run 2024.

Selain aktivitas lari, visitor dan peserta dapat menikmati intermezo musik dengan penampilan dari Nella Kharisma & Black Forest Band. Sebanyak 30 booth Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga datang dengan beragam produk dan makanan Nusantara, memberikan kesempatan bagi peserta untuk mencicipi kuliner lokal dan mendukung produk lokal.

Plt Kepala Otorita IKN, M. Basuki Hadimuljono menyatakan aktivitas ini dapat meningkatkan ekosistem kesehatan dan kebugaran di Nusantara sesuai dengan visinya ialah liviable and lovable city.

“Nusantara TNI Fun Run merupakan upaya peningkatan sport tourism di Nusantara sekaligus merayakan HUT Ke-79 TNI. Hal ini bakal selalu kita galakkan untuk menghidupkan Nusantara dengan aktivitas nan diikuti oleh masyarakat disekitar Nusantara,” ujarnya dikutip dari Siaran Pers Otorita IKN pada 6 Oktober 2024.

Iklan

Senada dengan Basuki, staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara Otorita IKN, Troy Pantouw menyampaikan aktivitas ini dapat menjadi momen untuk memperkenalkan IKN kepada publik sekaligus membangun hubungan nan era tantara masyarakat dan pemerintah.

“Kami sangat bangga menjadi tuan rumah bagi Nusantara TNI Fun Run. Ini bukan hanya sekadar aktivitas olahraga, tetapi momen untuk memperkenalkan wajah Ibu Kota Nusantara kepada publik sekaligus membangun hubungan nan erat antara masyarakat dan pemerintah,” ungkapnya.

Otorita IKN berambisi aktivitas ini dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak aktivitas nan melibatkan masyarakat di masa depan. Selain sebagai simbol kebugaran dan kesehatan, aktivitas ini diharapkan semakin mempererat hubungan antara pemerintah, masyarakat, dan TNI, sekaligus mendukung pembangunan Nusantara sebagai kota bumi nan hijau, cerdas, dan berkelanjutan.

Salah satu peserta fun run asal Balikpapan, Asri menyampaikan antusiasmenya mengikuti aktivitas ini. “Ini pertama kalinya saya berlari di IKN. Suasananya luar biasa, udaranya sejuk serta pemandangannya indah, saya merasakan ‘ fun’ nya,” kata dia.

Pilihan Editor: Ditanya soal Groundbreaking di IKN Sebelum Lengser, Jokowi: Kalau Memang Ada, Ya Saya Datang Lagi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis