Panglima TNI Raih Outstanding Military Leadership in Humanitarian

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandung, CNN Indonesia --

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meraih penghargaan Outstanding Military Leadership in Humanitarian and Defence dalam arena CNN Indonesia Awards.

Piala penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur CNN Indonesia Titin Rosmasari kepada Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal Mohammad Fajar nan mewakili di malam penganugerahan nan digelar di Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat, Selasa (17/9) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sepak terjang Jenderal TNI Agus Subiyanto ditandai kepemimpinannya nan ahli dan berintegritas tinggi. Agus pernah memimpin operasi pemberantasan terorisme di Poso, Sulawesi Tengah. Selain itu, dia juga menyelesaikan bentrok di Timor Timur pada 2019.

Agus adalah jebolan Akademi Militer tahun 1991 dari kecabangan infanteri. Sebelum dilantik menjadi KSAD, laki-laki kelahiran 5 Agustus 1967 ini menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat sejak awal 2022.

Pada 2009 lalu, ketika Presiden Jokowi tetap menjabat Wali Kota Solo, Agus adalah Komandan Kodim 0735/Surakarta.

Selain itu, dengan pangkat bintang satu di pundak, Agus juga pernah menjabat sebagai Danrem 061/Suryakencana (Bogor) pada 2020. Wilayah nan masuk tanggung jawabnya termasuk Istana Negara Bogor.

Usai menjabat sebagai Danrem di Bogor, Agus promosi menjadi bintang dua dan masuk ke lingkungan Istana Kepresidenan. Agus ditunjuk mengomandoi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) alias nan kerap disebut sebagai tameng hidup presiden dan family pada periode 2020-2021.

Usai menjabat sebagai Danpaspampres, dia ditunjuk menjadi Pangdam III/Siliwangi pada Agustus 2021. Dari kedudukan ini, dia kemudian ditunjuk menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat pada awal 2022.

Tak hanya pada ranah militer saja, Agus juga memimpin operasi kemanusiaan seperti penanganan gempa di Bantul, gunung meletus di Gunung Sinabung, Sumatra Utara, juga musibah likuifaksi di Palu, Sulawesi Tengah.

Ia pun sukses menjalankan penanganan covid-19 di Jawa Barat dengan capaian sasaran vaksinasi tinggi di skala nasional.

CNN Indonesia Awards Jabar mengangkat tema "Jawa Barat Menyala untuk Indonesia Maju".

CNN Indonesia Awards diadakan sebagai apresiasi dan dorongan bagi wilayah dan private sector nan telah menerapkan good governance dalam penyelenggaraan pemerintahan wilayah dan praktik bisnis, agar dapat menjadi contoh serta inspirasi bagi wilayah lain.

Acara puncak turut dihadiri Jaksa Agung St Burhanuddin, Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari, dan beberapa tokoh serta pejabat lain.

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards pertama telah digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Maret 2024. Dilanjutkan arena kedua nan dihelat di Denpasar, Bali pada Mei 2024.

Kemudian di Palembang, Sumatra Selatan pada Juli 2024. Lalu di Medan, Sumatra Utara pada 9 Agustus 2024. Dan terakhir di Semarang, Jawa Tengah pada 14 Agustus 2024.

(del/vws)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional