Parlemen RI-Afrika Desak Langkah Konkret Pemerintah Cegah Wabah Mpox

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bali, CNN Indonesia --

Anggota parlemen Indonesia dan negara-negara Afrika sepakat bekerja sama mencegah penyebaran pandemi virus monkeypox atau cacar monyet.

Kesepakatan itu, tercapai usai aktivitas Forum Parlemen Indonesia Afrika (IAPF) di Nusa Dua, Bali, Minggu (1/9).

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan salah satu kesepakatan dalam Forum Parlemen Indonesia Afrika (IAPF) nan digelar di Bali adalah kerjasama antara Indonesia dan negara-negara Afrika agar pandemi monkey pox tidak meluas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Parlemen tentu saja dapat berkedudukan mengatasi rumor dunia dan regional termasuk rumor kesehatan. Seperti nan sekarang sedang menjadi rumor nan ada ialah penyebaran mpox," kata Puan, saat konvensi penutupan IAPF di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (1/9) sore.

Menurut Puan forum juga sepakat bahwa pencegahan mpox bukan hanya di Indonesia dan Afrika saja, tapi juga di seluruh dunia.

"Yang pasti kita bermufakat untuk memerangi mpox menyebar, bukan hanya di Indonesia dan Afrika tapi juga di dunia. Kalau di Indonesia secara konkret kita sudah melakukan screening untuk setiap kedatangan. Tentu saja ini menjadi rumor baru seperti kemarin Covid-19, lantaran ini memang sudah mulai terjadi," ujarnya.

Pihaknya juga bakal meminta pemerintah, baik Indonesia maupun negara-negara di Afrika untuk mengantisipasi dan memitigasi penyebaran mpox dengan langkah konkret.

"Kami meminta tindak lanjut secara konkret pemerintah untuk mengantisipasi dan memitigasi. Tadi juga Negara- negara Afrika dalam hal-hal nan disampaikan juga menyepakati perihal tersebut," ujarnya.

"Kita juga meminta pemerintah untuk segera bekerja sama dengan negara-negara lain, bukan hanya Afrika dan Indonesia. Tapi Negara-negara lain nan bisa menjaga perlintasan nan ada nan dianggap bisa menyebarkan virus tersebut secara konkret," ujarnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya mengumumkan pandemi mpox di Afrika sebagai keadaan darurat kesehatan global. Ini adalah peringatan tertinggi tentang ancaman penyebaran penyakit.

Virus ini juga terdeteksi sudah masuk ke Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat total ada 88 kasus konfirmasi mpox sejak 2022 hingga Agustus 2024.

Total konfirmasi itu terbagi dari 1 kasus pada 2022, 73 kasus pada 2023, dan 14 kasus pada 2024.

Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Yudhi Pramono menyebut dari total kasus itu, 87 kasus berhujung sembuh dan satu kasus tetap dalam proses pengobatan sejak dikonfirmasi sejak Juni lalu.

Mpox di Indonesia tersebar di enam provinsi, ialah DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kepulauan Riau.

Infografis - Bedanya Cacar Monyet, Cacar Air, dan Cacar 'Biasa'Bedanya Cacar Monyet, Cacar Air, dan Cacar 'Biasa' (Foto: CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)

(kdf/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional