Partai Buruh Jatim Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Partai Buruh mendeklarasikan support untuk Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai colon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilgub Jatim 2024.

Ketua Exco Partai Buruh Jatim Jatim, Jazuli, mengaku tak mungkin partainya tak mengusung duet petahana Khofifah-Emil dalam pilkada serentak 2024 tersebut.

Jazuli mengungkap, PB mempunyai sejumlah pertimbangan untuk mendukung Khofifah-Emil, terutama keberpihakan terhadap kaum pekerja di Jatim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Setelah melalui proses nan panjang obrolan dalam rapat kerja membahas bagaiamana pilihan kami, sudah tidak ada kata tidak kita wajib hukumnya mendukung Ibu Khofifah, ibunya pekerja Jatim nan selama ini berkontribusi besar terhadap kaum buruh," kata Jazuli, di Surabaya, Selasa (27/8).

Salah satu jasa Khofifah saat menjabat Gubernur Jatim sebelumnya, kata Jazuli, kebijakan memberi jalur afirmasi pada PPDB sebesar lima persen bagi anak-anak buruh. Langkah Khofifah itu, sambungnya, merupakan nan pertama dan satu-satunya di Indonesia.

"Peran beliau terhitung sejak 2019 pertama kali dan satu-satunya di Indonesia pendidikan untuk anak pekerja afirmasi 5 persen," ucapnya.

Tak hanya itu, Jazuli juga mengatakan, Khofifah merupakan satu-satunya gubernur nan mau menyampaikan keberatan pekerja terhadap Undang-Undang Cipta Kerja alias omnibus law, ke pemerintah pusat.

"Lima tahun sudah terbukti keberpihakan Ibu Khofifah dan Pak Emil, satu-satunya gubernur nan mengantarkan aspirasi kita ketemu dengan pemerintah pusat mengenai dengan omnibus law," ucapnya.

Tak hanya itu, Jazuli juga menyebut, Khofifah merupakan gubernur nan berani menetapkan bayaran minimum di Jatim di atas patokan UU Ciptaker.

"Satu-satunya gubernur di Indonesia nan berani menetapkan bayaran minimum di atas omnibus law itu adalah Gubernur Jatim," kata dia.

Lewat support ini, Partai Buruh pun berambisi kepemimpinan Khofifah-Emil selanjutnya bakal terus berpihak pada kelas pekerja tersebut. Termasuk mendukung mereka dalam upaya mendorong revisi UU Ciptaker.

Dukungan PB kepada Khofifah ini kemudian secara resmi disampaikan oleh Ketua Mahkamah PB Riden Hatam Aziz. Mereka juga langsung memberikan form B1 KWK ke Khofifah-Emil.

Di tempat nan sama, Khofifah mengaku berterima kasih atas support Partai Buruh. Ia berambisi mandat nan diberikan kepadanya berbareng Emil ini bakal jadi tambahan kekuatan untuk memenangkan Pilgub Jatim 2024.

"Ini bakal jadi bagian dari penguatan kelengkapan administratif, nan InsyaAllah besok kita bakal mendaftarkan ke KPU Jatim. Terima kasih Partai Buruh sudah memberikan mandat kepada kami, saya dan Mas Emil, mudah-mudahan menjadi kekuatan untuk bisa membangun sinergi di antara seluruh komponen partai pengusung untuk meraih kemenangan," tutur Khofifah.

Jelang Pilgub Jatim 2024 ini, Khofifah dan Emil sudah mengantongi support 10 partai. Mereka adalah PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, dan Partai Buruh.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional