PBNU Bantah Gembosi PKB: Banyak Kader NU di Sana

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 07 Agu 2024 13:40 WIB

Sekjen PBNU Gus Ipul membantah ada kemauan PBNU untuk menggembosi PKB. Sekretaris Jendral Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul (kanan) membantah pihaknya mau menggembosi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jendral Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul membantah pihaknya mau menggembosi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menurutnya, perihal itu tak mungkin karena PKB yang sekarang dipimpin Muhaimin Iskandar alias Cak Imin itu didirikan oleh PBNU dan banyak kader NU sekarang jadi personil PKB.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau PKB kita tahu itu nan didirikan oleh NU Kita enggak akan menggembosi, banyak kader NU di sana, dan ini didirikan oleh NU," kata Gus Ipul di Kantor PBNU, Jakarta, Rabu (7/8).

Gus Ipul juga menyinggung family besar Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf telah berjuang untuk mendirikan PKB. Ia lantas meminta bukti ke elite PKB jika PBNU melakukan penggembosan tersebut.

"Mana buktinya jika PBNU pernah menggembosi PKB? Tolong dicarikan buktinya. Kita memang istilahnya itu nan jelas kita beda itu soal pilpres," ucap dia.

Gus Ipul kemudian menjelaskan upaya PBNU membentuk tim untuk mengkaji hubungan NU dan PKB berasal dari rentetan pernyataan elite PKB nan tak patut.

Ia menjelaskan salah satunya adalah pernyataan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin nan menyinggung pemberhentian Marzuki Muktamar dari Ketua PWNU Jatim.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid sempat mengatakan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf dan Gus Ipul kerap menggembosi PKB.

Jazilul berpendapat perihal itu pula nan terjadi hari ini kala PBNU berencana mengembalikan PKB ke pangkuan NU.

"Faktanya, Gus Yahya, Gus Ipul itu sering menggembosi PKB," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/7).

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional