PBNU soal Cak Imin Tak Hadiri Pemanggilan: Tidak Dukung Perbaikan PKB

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 21 Agu 2024 16:20 WIB

Ketua PBNU Umarsyah menyebut absennya Cak Imin itu menunjukkan iktikad tak mendukung upaya konstruktif PBNU untuk melakukan perbaikan PKB. Kantor PBNU di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/ Ramadhan Rizki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua PBNU Umarsyah memastikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tak menghadiri pemanggilan lembaganya untuk diminta keterangan soal hubungan PKB dan PBNU pada Rabu (21/8).

Umarsyah pun menyebut absennya Cak Imin itu menunjukkan iktikad tak mendukung upaya konstruktif PBNU untuk melakukan perbaikan PKB.

"Tapi sampai saat ini enggak ada info sedikitpun apakah beliau bakal datang alias tidak. setelah 1 jam lebih, kita simpulkan Pak Muhaimin tak hadir," kata Umarsyah di Kantor PBNU, Jakarta, Rabu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Umarsyah mengatakan PBNU sudah menunjukkan niat naik untuk mengundang Cak Imin untuk datang di PBNU secara kelembagaan.

Cak Imin, lanjutnya, rencananya mau dikonfirmasi PBNU mengenai kewenangan majelis syuro nan diduga makin bergeser ke Ketum DPP PKB. Kemudian, sambungnya, Cak Imin juga bakal dimintai konfirmasi mengenai persoalan permusyawaratan dan tata kelola organisasi.

"Ini kita konsentrasi lakukan pendalaman. Dan tentu ini jadi laporan kami kepada tim nan sudah dibentuk PBNU nan diketuai Anwar Iskandar dan Pak Amin. Dan kami sampaikan ke ketum PBNU nan terima mandat Rais Aam," kata Umarsyah.

Pihaknya menilai absennya Cak Imin sama saja tak mendukung upaya konstruktif dari PBNU untuk melakukan perbaikan di PKB.

"Tapi alhamdulillah, ketidakhadiran beliau ini tentu tak mendukung upaya konstruktif PBNU untuk melakukan perbaikan dari partai PKB ini. Padahal tak terlampau banyak masalah nan kami angkat," kata dia.

Umarsyah belum mengetahui langkah lanjutan apakah PBNU bakal memanggil Cak Imin kembali alias tidak ke depannya usai tak hadir.

Di tempat nan sama, Wasekjen PKB Suleman Tanjung menilai tak hadirnya Cak Imin sebagai tanda belum ada niat baik dari nan berkepentingan terhadap upaya PBNU selama ini.

"Padahal para ustad sudah berkumpul di Jombang dan Surabaya beri mandat kepada Rais Aam untuk dandani PKB, dalam artian perbaiki," kata Suleman.

Sementara Rais Syuriah PBNU Cholil Nafis mengatakan sudah mengundang Cak Imin dan Sekjen PKB Hasanuddin Wahid namun tak hadir.

"Indikasinya PKB tak bisa koordinasi dan kerjasama dengan PBNU," kata Cholil.

Sebelumnya, PBNU bakal memanggil Cak Imin ke ruang rapat Lantai 5 Gedung PBNU Jalan Kramat Raya Nomor 164 Jakarta pukul 12.30 WIB hari ini.

Pemanggilan menyusul hubungan panas PKB dengan PBNU beberapa waktu belakangan ini. PBNU membentuk pansus lantaran merasa PKB sebagai partai representasi NU mulai keluar dari jalur.

(rzr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional