PDIP Bicara Untung Rugi Dukung Anies di Pilgub Jakarta

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP, Eriko Sotarduga bicara untung rugi partainya jika mendukung Anies Baswedan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Eriko mengakui Anies masuk dalam delapan nama nan sebelumnya sempat mengemuka dan didorong sejumlah kader. Namun, PDIP masih mencermati dan melakukan kalkulasi terhadap nama tersebut.

"Nah saya kan sebutkan enam nama, ada dua nama belum disebutkan. Ya memang betul, itu satu Pak Anies," kata Eriko di kompleks parlemen, Senin (10/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, Eriko tetap merahasiakan satu nama lainnya. Sedangkan enam nama lainnya ada Ahok, Tri Rismaharini, Azwar Anas, Seno Bagaskoro, Djarot Saiful Hidayat, dan Hendrar Prihadi.

Eriko tak menampik nama Anies cukup seksi di Jakarta, apalagi sempat disebut Ketua DPP Partainya, Puan Maharani. Hal itu, kata dia, didasarkan pada perolehan bunyi Anies pada Pilpres 2024 lampau nan nyaris mengimbangi Prabowo Subianto.

Menurut dia, secara hitung-hitungan jika bunyi itu digabung dengan bunyi Ganjar Pranowo alias PDIP di Jakarta, perolehan bunyi Anies bakal mengungguli Prabowo.

"Nah ini mungkin perhitungannya bahwa jika misalnya Pak Anies kan mantan pasangan 01, yah dengan kita 03 tentu suaranya lebih tinggi daripada 02," katanya.

Namun, Eriko mempertanyakan kalkulasi itu bakal sama pilkada. Ia ragu apakah simpatisan alias pendukung kadernya bakal tetap mendukung jika PDIP mendukung Anies. Begitu pula sebaliknya, apakah pendukung Anies bakal tetap mendukung jika dia didukung PDIP.

"Nah ini kan belum tentu. Dalam politik benar, nan tidak mungkin hanya menghidupkan orang mati, apa saja tetap memungkinkan. Tetapi ini kan kudu dihitung betul. Nah, inilah nan sedang kami hitung betul, bahwa kesempatan itu ada yes, tapi apakah itu pasti terjadi, ya saya," katanya.

(thr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional