PDIP: Megawati Akan Bertemu Prabowo Sebelum Pelantikan 20 Oktober

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 17 Sep 2024 20:26 WIB

Megawati dan Prabowo Subianto bakal berjumpa sebelum pelantikan presiden-wakil presiden pada 20 Oktober 2024. Mega dan Prabowo, Juli 2019. Megawati dan Prabowo Subianto bakal berjumpa kembali sebelum pelantikan presiden-wakil presiden pada 20 Oktober 2024. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan presiden terpilih Prabowo Subianto akan berjumpa sebelum pelantikan presiden-wakil presiden pada 20 Oktober 2024.

Pertemuan dua tokoh itu menurut Said tinggal menunggu waktu nan tak lama lagi.

"Insya Allah sebelum pelantikan, Ibu Megawati bakal berjumpa dengan Bapak Prabowo," kata Said di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (17/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, Said tak mau memperkirakan bahwa pertemuan Prabowo dan Mega menjadi sinyal PDIP mulai melunak dan merapat ke pemerintahan. Menurutnya, PDIP bakal memandang visi dan misi Prabowo ke depan.

"Kalau itu punya kesamaan, insya Allah kami melihatnya bagi PDI Perjuangan, baik di dalam maupun di luar sama saja," katanya.

Ia menegaskan PDIP bakal selalu jadi partai nan memberikan kritik konstruktif kepada pemerintah. Said mengatakan perihal ini dilakukan PDIP apalagi di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Soal sikap kami lantaran kami sudah membiasakan diri, baik era hari ini Bapak Presiden Jokowi, mumpung Bapak Presiden Subianto kelak ketika dilantik tanggal 20 kami tetap melakukan kritik konstruktif. Karena itu adalah memang tempatnya di DPR," tuturnya.

Rencana pertemuan Mega dan Prabowo sudah mengemuka sejak lama. Dua tokoh ini sempat berpasangan di Pilpres 2009, tetapi kalah dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono.

Kemudian, di Pilpres 2014 dan 2019, Mega dan Prabowo dalam posisi berlawanan. Mega nan merupakan Ketum PDIP memilih mengusung Jokowi. Lalu, Prabowo jadi rival Jokowi selama dua pilpres berturut-turut.

Setelah Pilpres 2019, Jokowi membujuk Prabowo jadi Menteri Pertahanan. Kini, Prabowo terpilih jadi presiden. Ia didampingi Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi, sebagai wakil presiden.

(thr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional